Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terpopuler Check, TikTok Aplikasi Favorit Anak 2020-2021

Studi Kaspersky Safe Kids mengungkapkan YouTube, TikTok, dan WhatsApp menempati peringkat teratas sebagai aplikasi yang diminati anak-anak sepanjang 2020–2021.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  15:10 WIB
Antarmuka aplikasi berbagi konten video TikTok
Antarmuka aplikasi berbagi konten video TikTok

Bisnis.com, JAKARTA — Studi Kaspersky Safe Kids mengungkapkan YouTube, TikTok, dan WhatsApp menempati peringkat teratas sebagai aplikasi yang diminati anak-anak sepanjang 2020—2021.

Pakar analisis konten web di Kaspersky Anna Larkina mengatakan selama setahun terakhir, minat anak pada TikTok bahkan menyalip Instagram dengan tingkat popularitas hampir dua kali lipat.

“Kaspersky menganalisis data anonim, seperti riwayat pencarian, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs web yang diperoleh secara sukarela oleh para pengguna Kaspersky Safe Kids, untuk mengeksplorasi bagaimana lanskap minat dan kebutuhan anak-anak di seluruh dunia di tengah kondisi pandemi,” mengutip keterangan resmi, Jumat (4/6/2021)

Dia memerinci, untuk kategori situs web yang paling populer di kalangan anak-anak adalah perangkat lunak, audio, video dengan perolehan 44,38 persen. Untuk kategori media komunikasi internet sebesar 22,08 persen dan permainan komputer di angka 13,67 persen.

TikTok tetap menjadi pemimpin yang tak terkalahkan di antara anak-anak, tetapi pada saat yang sama, persepsi tentang jejaring sosial mulai berubah.

“Sekarang bukan lagi hanya jejaring sosial untuk klip dan sinkronisasi bibir, karena lebih banyak konten pendidikan dan kreatif mulai muncul di platform,” lanjutnya.

Selain itu, dia mengatakan untuk membuat video TikTok, satu orang harus melakukan pekerjaan operator, aktor, sutradara, dan seluruh kru film. Semua ini mengembangkan keterampilan yang tidak hanya berguna bagi anak-anak di masa depan, tetapi dapat mengarahkan mereka untuk memilihnya sebagai profesi.

Di Indonesia, aplikasi yang paling populer di kalangan anak-anak di antaranya adalah Youtube (32,99 persen), disusul WhatsApp (21,47 persen) dan TikTok (10,18 persen). Fakta menarik juga bahwa aplikasi Tiktok kini mulai dilirik untuk digunakan sebagai platform metode pembelajaran kreatif di Indonesia.

Dari segi ketertarikan terhadap gim, Roblox menempati urutan paling populer di kalangan anak-anak Indonesia dengan persentase 8,27 persen disusul Free Fire (5,75 persen) dan Mobile Legends: Bang Bang (2,91 persen).

“Anak-anak modern tumbuh dengan gawai di tangan mereka sejak usia sangat muda, sehingga mereka beradaptasi dengan ruang digital dan menguasai teknologi baru lebih cepat. Kami melihat bagaimana TikTok menjadi salah satu trendsetter utama di kalangan anak-anak dalam waktu singkat dan terus menarik perhatian mereka,” katanya.

Namun, dia menilai pada saat yang sama YouTube tidak kehilangan pijakan dan tetap menjadi pemimpin dalam popularitas di kalangan anak-anak, sebagian karena banyaknya variasi video, mulai dari 'let-plays', rekaman permainan video gim, hingga klip seputar pendidikan dan masih banyak lagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget aplikasi TikTok
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top