Selangkah Lagi, Indosat (ISAT) Gelar 5G secara Komersial

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 19 Mei 2021 | 08:35 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA PT Indosat Tbk. (ISAT) dalam jalur menggelar 5G secara komersial. Perusahaan telekomunikasi berwarna merah kuning itu tengah masuk ke tahap uji layak operasi (ULO) 5G di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Steve Saerang menyatakan bahwa perseroan saat ini dalam tahap ULO 5G. Indosat terus menjalin komunikasi dengan Kemenkominfo perihal proses ULO untuk teknologi terbaru tersebut.

“Saat ini Indosat Ooredoo terus berkoordinasi intensif dengan Kemenkominfo untuk seluruh proses ULO 5G,” katanya kepada Bisnis, Rabu (19/5/2021)

Berdasarkan pasal 82 Peraturan Menteri Kominfo No. 1/2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi disebutkan bahwa setiap terjadinya penambahan kapasitas dan perluasan lokasi atau realokasi yang mengalami perubahan teknologi perlu dilakukan ULO.

Perubahan teknologi ini termasuk perubahan standar teknologi yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU), perubahan penggunaan spektrum frekuensi radio, dan/atau perubahan penggunaan sistem dari analog ke digital.

Penggelaran 5G termasuk ke dalam bentuk perubahan teknologi yang diamanatkan berdasarkan standardisasi ITU. Untuk bisa melakukan komersialisasi, penyelenggara telekomunikasi/operator seluler perlu melalui tahapan ULO untuk mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) juga telah menyatakan terlibat dalam proses  uji layak operasi untuk 5G di Kemenkominfo.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan bahwa dengan rentetan hasil uji coba yang apik, Telkomsel percaya diri untuk meloncat ke tahap selanjutnya yaitu tahap komersial 5G. 

Telkomsel dalam tahap ULO, setelah sebelumnya menyelesaikan uji layak perangkat di Dirjen SDPPI Kemenkominfo.

“Telkomsel adalah operator seluler pertama yang melakukan ULO ke Kemenkominfo. Semoga dalam waktu dekat hasilnya segera keluar. Kami rutin menjalin komunikasi dengan Kemenkominfo,” kata Setyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper