Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengemudi ojek daring mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan jalan Kendal, Jakarta, Rabu (10/6/2020). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Premium

Gojek dan 'Hobi' Barunya Berkendara di Lantai Bursa

27 April 2021 | 18:29 WIB
Rumor berembus tentang kepemilikan saham Gojek di PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA). Sebenarnya, Gojek pun sudah punya investasi di beberapa emiten. Apa saja?

Bisnis.com, JAKARTA — Manuver Grup Lippo mengurangi kepemilikan di emiten pengelola jaringan Hypermart, PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA), berlanjut. Setelah melepas sebagian sahamnya kepada entitas yang masih terafiliasi dengan Temasek Holdings, kali ini PT Multipolar Tbk. (MLPL), kepanjangan tangan grup konglomerasi tersebut di MPPA melepas 11,9 persen sahamnya ke tiga perusahaan.

Ketiga perusahaan yang muncul sebagai pembeli adalah Panbridge Investment Ltd. (3,33 persen), Threadmore Capital (3,81 persen), serta PT Pradipa Darpa Bangsa (4,76 persen).

Nama yang terakhir disebut, Pradipa Darpa Bangsa (PDP), cukup menarik perhatian. Pasalnya, perusahaan tersebut dikabarkan masih memiliki afiliasi dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang mengelola layanan transportasi daring Gojek.

Sekretaris Perusahaan MPPA Danny Kojongian mengatakan bahwa perseroan tidak mengetahui afiliasi antara PDP dengan Gojek. Menurutnya, investasi yang dilakukan perusahaan tersebut tidak mengatasnamakan layanan transportasi daring rintisan Nadiem Makarim tersebut.

“Kami belum memiliki informasi tambahan selain yang sudah dipublikasikan di keterbukaan informasi BEI. Perseroan juga tidak mengetahui kebenaran atas rumor tersebut,” papar Danny kepada Bisnis, Selasa (27/4/2021).

Dugaan keterkaitan PDP dengan Gojek masuk akal jika melihat detail informasi perseroan. Sebagaimana tercantum di laman Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), nomor telepon yang tercantum sebagai kontak PDP sama persis dengan nomor telepon kantor yang dipakai Gojek.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top