Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Premium

Adu Valuasi SiCepat & Shipper Raih Status Unikorn, Siapa Duluan?

22 April 2021 | 09:26 WIB
SiCepat dan Shipper diprediksi bakal bersaing ketat untuk meraih gelar unikorn di bidang logistik usai J&T Express yang lebih dulu berhasil memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar atau Rp14 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA – Industri yang bergerak di sektor logistik kian menjanjikan seiring dengan pandemi Covid-19. Pembatasan mobilitas dan tatap muka menjadikan jasa pengiriman memegang peran vital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era new normal.

Kondisi ini juga berlaku bagi jasa pengiriman berbentuk perusahaan rintisan atau startup yang selalu dituntut untuk aktif menelurkan inovasi bagi penggunanya. Impian yang bisa diraih sebuah startup adalah jika mereka mampu mencapai nilai valuasi tertentu, setidaknya menyandang status unikorn.

Belum lama ini J&T Express berhasil menjadi unikorn pada April 2021 dengan valuasi mencapai US$7,8 miliar. Sebuah startup bisa menyandang status sebagai unikorn apabila telah memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun.

Berdasarkan data CB Insights (lihat grafis), nilai valuasi startup logistik tersebut mampu mengalahkan Tokopedia yang memiliki valuasi US$7 miliar, Bukalapak (US$3,5 miliar), Traveloka (US$3 miliar), dan OVO (US$2,9 miliar).

Kini, terdapat dua startup di bidang logistik yang berpeluang menjadi unikorn selanjutnya pada 2021. Keduanya adalah SiCepat Ekspres dan Shipper Indonesia, yang masih bergelar centaur lantaran valuasi mereka baru melewati US$100 juta atau Rp1,4 triliun.

Menurut catatan Bisnis.com, pada kuartal I/2021, SiCepat telah mendapatkan pendanaan dari sejumlah investor sebesar US$170 juta atau sekitar Rp2,4 triliun sekaligus menjadi pendanaan Seri B terbesar di Asia Tenggara.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top