Wow, NASA Berhasil Terbangkan Helikopter Kecil di Mars

Luke Andaresta
Senin, 19 April 2021 | 21:28 WIB
Demonstrasi tersebut melihat helikopter Ingenuity naik ke ketinggian sekitar 3 meter, melayang, berputar, dan kemudian mendarat. /Instagram (@nasa)
Demonstrasi tersebut melihat helikopter Ingenuity naik ke ketinggian sekitar 3 meter, melayang, berputar, dan kemudian mendarat. /Instagram (@nasa)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Badan antariksa Amerika NASA, telah berhasil menerbangkan helikopter kecil di Mars. Drone, yang dinamakan Ingenuity, mengudara selama kurang dari satu menit. Konfirmasi datang melalui satelit di Mars yang mengirimkan data helikopter kembali ke Bumi.

“Kami sekarang dapat mengatakan bahwa manusia telah menerbangkan helikopter di planet lain,” kata MiMi Aung, Manajer Proyek Ingenuity di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena dikutip dari BBC, Senin (19/4/2021).

Dia mengatakan proyek ini mengacu pada Wilbur dan Orville Wright yang melakukan penerbangan pesawat bertenaga dan dikendalikan pertama di Bumi pada 1903.

Helikopter kecil itu bahkan membawa sedikit kain dari salah satu Flyer 1, pesawat yang melakukan penerbangan bersejarah di Kitty Hawk, North Carolina, lebih dari 117 tahun yang lalu.

Demonstrasi tersebut melihat helikopter Ingenuity naik ke ketinggian sekitar 3 meter, melayang, berputar, dan kemudian mendarat.

Mengudara di planet Mars tidaklah mudah. Atmosfer di sana sangat tipis, hanya 1 persen dari kepadatan di bumi. Ini memberikan ketajaman pada pesawat rotor sangat sedikit untuk bisa mendapatkan daya angkat.

Oleh karena itu, Ingenuity dibuat sangat ringan dan diberi kekuatan untuk memutar bilahnya dengan sangat cepat, lebih dari 2.500 putaran per menit.

Ingenuity dibawa ke Mars dalam tubuh Nasa Perseverance Rover, yang mendarat di Mars pada Februari lalu. Kemudian melaju ke “lapangan terbang” sekitar 20 meter dari lokasi pendaratannya di Mars Jezero Crater, menurunkan Ingenuity ke tanah dan mengambil foto penampakan bentuk kedua benda tersebut.

Harapannya, demonstrasi awal ini pada akhirnya dapat mengubah cara manusia dalam menjelajahi dunia yang jauh.

Drone memungkinkan digunakan untuk mengintai penjelajah masa depan, dan bahkan astronot pun akhirnya bisa sampai ke Mars.

NASA telah menyetujui misi selanjutnya yaitu helikopter ke Titan, bulan besar Saturnus. Dragonfly, sebutan untuk misinya, akan tiba di Titan pada pertengahan 2030-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Luke Andaresta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper