Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Microsoft Akan Cabut Fitur Timeline di Windows 10

Pencabutan ini terjadi setelah sebelumnya Windows mengumumkan akan mulai mengalihkan fungsi aplikasi asisten Cortana sehingga pencabutan Timeline dianggap merupakan hal yang bisa terjadi.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 15 April 2021  |  09:24 WIB
Fitur timeline dalam windows 10
Fitur timeline dalam windows 10

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft akan segera mencabut fitur Timeline dari sistem operasi Windows 10 sebagai bagian dari pembaharuan dalam Windows 10 Insider Preview Build 21359.

Dikutip dari The Verge, Kamis (15/04/2021), pencabutan ini terjadi setelah sebelumnya Windows mengumumkan akan mulai mengalihkan fungsi aplikasi asisten Cortana sehingga pencabutan Timeline dianggap merupakan hal yang bisa terjadi.

Cara kerja fitur Timeline sangat bergantung pada asisten Cortana, di mana fitur ini didesain untuk memudahkan pengguna melanjutkan pekerjaannya antar gawai. Cortana juga memiliki andil dalam membangun pengalaman pengguna dalam gawai iOS dan Android yang tidak terlalu dikendalikan Microsoft.

"Jika Anda memiliki rekaman aktivitas yang disinkronisasi antara gawai Anda melalui akun Microsoft (MSA), Anda tidak dapat lagi memilih opsi mengunggah aktivitas baru di Timeline," tulis Microsoft dalam blog resminya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa akun yang terkoneksi dengan ADD tidak akan berpengaruh terhadap perubahan ini. Selain itu, ia juga menambahkan Microsoft Edge dan browser lain memiliki opsi untuk melihat rekaman aktivitas daring terbaru serta bisa melihat rekaman aktivitas penggunaan file terbaru melalui OneDrive dan Microsoft Office.

Perubahan ini sudah mulai bisa dilihat oleh pengguna sistem Insider ketika mereka telah mengunduh pembaharuan terbaru, sedangkan pengguna yang menggunakan sistem standar akan melihat pencabutan Timeline dalam beberapa pekan ke depan.

Timeline merupakan fitur dalam Windows yang diperkenalkan sejak tahun 2017. Dengan tujuan kemudahan peralihan antar gawai termasuk untuk pengguna ponsel iOS dan Android, fitur ini hadir pada tampilan Task View dan dibantu dengan integrasi dari asisten Cortana. Desainnya pun diketahui memiliki konsep yang mirip dengan fitur kontinuitas dalam iOS dan macOS.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

microsoft windows
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top