Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

YJ Capital & Line Ventures Merger, Siap Kucurkan Dana ke Startup

Merger antara YJ Capital Inc. dan LINE Ventures Corporation akan mendorong perusahaan untuk berinvestasi ke sejumlah perusahaan rintisan di Korea Selatan dan Asia Tenggara.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 01 April 2021  |  16:30 WIB
/B6fa.com
/B6fa.com

Bisnis.com, JAKARTA - Z Holdings Corporation (ZHD) mengumumkan bahwa YJ Capital Inc., anak perusahaan terkonsolidasi milik ZHD, dan LINE Ventures Corporation (LVC) telah bergabung, dengan YJC sebagai perusahaan penerusnya.

YJC mengganti nama menjadi Z Venture Capital Corporation (ZVC) dan n berencana berinvestasi ke sejumlah perusahaan rintisan di Korea Selatan dan Asia Tenggara.

CEO ZVC Shinichiro Hori mengatakan perseroan mengombinasikan layanan investasi corporate venture capital (CVC) dengan berbagai aktivitas ZHD dan LINE Corporation (LINE) setelah proses integrasi bisnis dan transisi ke struktur perusahaan baru ZHD Group rampung.

ZVC juga akan menyiapkan dana senilai 30 miliar yen (US$270,98 juta) untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan, dan akses kepada ekosistem ZHD.

“Dana ini akan fokus untuk disalurkan di Jepang dan pasar global, termasuk Korea Selatan, China, dan Asia Tenggara,” kata Hori dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (1/4/2021).

Hori menambahkan sebagai salah satu CVC terbesar di Jepang, ZVC berharap dana tersebut nantinya dapat memaksimalkan nilai perusahaan startup dan menciptakan kolaborasi bisnis yang sama-sama menguntungkan, yang akan memperkuat kedua belah pihak, yakni startup dan ZHD Group.

Hori menjelaskan ZVC akan berinvestasi secara aktif di berbagai area seperti pelayanan kesehatan, keamanan siber, dan perangkat lunak B2B, serta di berbagai kesempatan yang sesuai dengan tiga bisnis inti ZHD, yakni commerce, media, dan teknologi keuangan.

Secara khusus, ZVC ingin mendukung pertumbuhan startup secara berkelanjutan dengan melakukan investasi di semua tahapan bisnis startup, mulai dari startup yang baru memulai dari awal ke tahap pertengahan hingga tahap akhir yang tengah mencari dukungan untuk berkembang lebih jauh.

“ZVC juga akan menciptakan berbagai kesempatan untuk kolaborasi bisnis antara portofolio perusahaan dengan ekosistem ZHD Group yang lebih luas, dan mendukung pengembangan bisnis mereka di luar negeri,” kata Hori.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top