YJ Capital & Line Ventures Merger, Siap Kucurkan Dana ke Startup

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 1 April 2021 | 16:30 WIB
/B6fa.com
/B6fa.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Z Holdings Corporation (ZHD) mengumumkan bahwa YJ Capital Inc., anak perusahaan terkonsolidasi milik ZHD, dan LINE Ventures Corporation (LVC) telah bergabung, dengan YJC sebagai perusahaan penerusnya.

YJC mengganti nama menjadi Z Venture Capital Corporation (ZVC) dan n berencana berinvestasi ke sejumlah perusahaan rintisan di Korea Selatan dan Asia Tenggara.

CEO ZVC Shinichiro Hori mengatakan perseroan mengombinasikan layanan investasi corporate venture capital (CVC) dengan berbagai aktivitas ZHD dan LINE Corporation (LINE) setelah proses integrasi bisnis dan transisi ke struktur perusahaan baru ZHD Group rampung.

ZVC juga akan menyiapkan dana senilai 30 miliar yen (US$270,98 juta) untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan, dan akses kepada ekosistem ZHD.

“Dana ini akan fokus untuk disalurkan di Jepang dan pasar global, termasuk Korea Selatan, China, dan Asia Tenggara,” kata Hori dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (1/4/2021).

Hori menambahkan sebagai salah satu CVC terbesar di Jepang, ZVC berharap dana tersebut nantinya dapat memaksimalkan nilai perusahaan startup dan menciptakan kolaborasi bisnis yang sama-sama menguntungkan, yang akan memperkuat kedua belah pihak, yakni startup dan ZHD Group.

Hori menjelaskan ZVC akan berinvestasi secara aktif di berbagai area seperti pelayanan kesehatan, keamanan siber, dan perangkat lunak B2B, serta di berbagai kesempatan yang sesuai dengan tiga bisnis inti ZHD, yakni commerce, media, dan teknologi keuangan.

Secara khusus, ZVC ingin mendukung pertumbuhan startup secara berkelanjutan dengan melakukan investasi di semua tahapan bisnis startup, mulai dari startup yang baru memulai dari awal ke tahap pertengahan hingga tahap akhir yang tengah mencari dukungan untuk berkembang lebih jauh.

“ZVC juga akan menciptakan berbagai kesempatan untuk kolaborasi bisnis antara portofolio perusahaan dengan ekosistem ZHD Group yang lebih luas, dan mendukung pengembangan bisnis mereka di luar negeri,” kata Hori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper