Smartphone 'Ghoib' dan Sulit Dicari, Ini Kata Bos Xiaomi Indonesia

Syaiful Millah
Rabu, 17 Maret 2021 | 10:14 WIB
Xiaomi/Ilustrasi
Xiaomi/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produk ponsel pintar atau smartphone dari Xiaomi tak jarang sulit ditemui di pasar dalam negeri, baik secara daring maupun luring. Bahkan masyarakat menyematkan istilah 'barang ghoib' terhadap produk dari vendor asal China tersebut.

Menanggapi hal ini, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menuturkan bahwa hal tersebut disebabkan oleh beberapa alasan. Pertama, penjualan daring flash sale selalu habis dalam waktu sekitar 2 menit.

"Dalam hal ini, Xiaomi dan Poco [sub-brand perusahaan] punya peran untuk mengurangi tengkulak [rantai penjualan dari produsen langsung ke konsumen]," katanya dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/3).

Kedua, dia menuturkan bahwa sejak sekitar 4 tahun yang lalu, perusahaan memang berfokus pada kanal daring atau online sehingga tidak banyak distribusi dilakukan ke kanal luring yang dimiliki.

Menurutnya, saat ini di Indonesia Xiaomi telah memiliki sekitar 200 Mi Shop dan 2.000 Mi Partner untuk penjualan langsung di toko fisik. Ke depannya, dia menyebut perusahaan bakal menggandakan kanal offline sehingga produknya bisa ditemukan dengan lebih mudah.

Ketiga, terkait dengan persoalan penawaran (supply) dan permintaan (demand). Disampaikan bahwa perusahaannya terus berupaya untuk menyesuaikan dua hal tersebut sehingga tetap berimbang. Tidak terlalu banyak produk juga tidak terlalu kekurangan.

"Tiga hal ini yang berkontribusi pada potensi barang ghoib. Ini adalah topik yang kompleks, tapi setidaknya itu yang bisa jadi alasan. Dan kami terus melakukan sesuatu untuk mengatasi hal ini," katanya.

Sebagai informasi, malam ini Xiaomi Indonesia akan meluncurkan smartphone flagship terbarunya Mi 11 ke pasar Tanah Air. Produk ini merupakan perangkat pertama yang secara resmi membawa teknologi cipset premium Snapdragon 888.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper