Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Siapkan Pembaruan, Pengguna Android bisa Kontrol Privasi

Pembaruan tersebut akan mencegah pelacakan lintas aplikasi yang biasanya terjadi di perangkat Android. Seperti diketahui, banyak pengguna yang mengeluhkan hal tersebut.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  15:45 WIB
Android
Android

Bisnis.com, JAKARTA - Google dilaporkan tengah menyiapkan pembaruan yang memungkinkan pengguna Android untuk mengontrol privasi seperti halnya kontrol privasi di iOS.

Mengutip GSM Arena pada Selasa (9/2/2021), pembaruan tersebut akan mencegah pelacakan lintas aplikasi yang biasanya terjadi di perangkat Android. Seperti diketahui, banyak pengguna yang mengeluhkan hal tersebut.

Sebagai contoh, ketika pengguna melakukan pencarian mengenai sepeda pada suatu aplikasi platform dagang el, secara otomatis media sosial atau peramban (browser) mereka akan menampilkan iklan terkait sepeda.

Juru bicara Google mengatakan pembaruan itu merupakan salah satu upaya Google untuk selalu mencari cara untuk bekerja dengan pengembang untuk meningkatkan standar privasi sambil mengaktifkan ekosistem aplikasi yang didukung iklan yang sehat.

Namun, sumber anonim mengungkapkan bahwa raksasa teknologi itu sebenarnya ingin menemukan keseimbangan antara konsumen dan pengembang yang sadar privasi dengan kebutuhan keuangan pengiklan.

Belum diketahui kapan pembaruan tersebut akan hadir secara resmi. Namun, kemungkinan besar akan hadir dalam waktu dekat mengingat Apple lewat iOS-nya sudah menghadirkannya terlebih dahulu.

Sebagai catatan, Google adalah salah satu perusahaan iklan digital terkaya, meraup lebih dari 100 miliar dolar AS (sekitar Rp1,4 triliun) setiap tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google android
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top