Google Siapkan Pembaruan, Pengguna Android bisa Kontrol Privasi

Rezha Hadyan
Selasa, 9 Februari 2021 | 15:45 WIB
Android
Android
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google dilaporkan tengah menyiapkan pembaruan yang memungkinkan pengguna Android untuk mengontrol privasi seperti halnya kontrol privasi di iOS.

Mengutip GSM Arena pada Selasa (9/2/2021), pembaruan tersebut akan mencegah pelacakan lintas aplikasi yang biasanya terjadi di perangkat Android. Seperti diketahui, banyak pengguna yang mengeluhkan hal tersebut.

Sebagai contoh, ketika pengguna melakukan pencarian mengenai sepeda pada suatu aplikasi platform dagang el, secara otomatis media sosial atau peramban (browser) mereka akan menampilkan iklan terkait sepeda.

Juru bicara Google mengatakan pembaruan itu merupakan salah satu upaya Google untuk selalu mencari cara untuk bekerja dengan pengembang untuk meningkatkan standar privasi sambil mengaktifkan ekosistem aplikasi yang didukung iklan yang sehat.

Namun, sumber anonim mengungkapkan bahwa raksasa teknologi itu sebenarnya ingin menemukan keseimbangan antara konsumen dan pengembang yang sadar privasi dengan kebutuhan keuangan pengiklan.

Belum diketahui kapan pembaruan tersebut akan hadir secara resmi. Namun, kemungkinan besar akan hadir dalam waktu dekat mengingat Apple lewat iOS-nya sudah menghadirkannya terlebih dahulu.

Sebagai catatan, Google adalah salah satu perusahaan iklan digital terkaya, meraup lebih dari 100 miliar dolar AS (sekitar Rp1,4 triliun) setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper