Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Smartphone AQUOS Panaskan Persaingan Ponsel Menengah dengan Chipset Sejuta Umat

Smartphone AQUOS Sense4 Plus Ponsel tahan debu dan bisa menyelam hingga kedalaman 1,5-2 meter selama 30 menit.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  12:02 WIB
AQUOS Sense4 Plus semakin memperpanas persaingan smartphone selama pandemi virus corona (Covid-19). - istimewa
AQUOS Sense4 Plus semakin memperpanas persaingan smartphone selama pandemi virus corona (Covid-19). - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Berbicara mengenai ponsel kelas menengah seakan tiada habisnya. Pasalnya, berbagai pabrikan silih berganti merilis ponsel terbarunya di segmen tersebut di waktu yang terbilang berdekatan.

Pada Kamis (5/11), giliran Sharp meluncurkan AQUOS Sense 4 Plus untuk mengawali 2021 sekaligus mempetegas keseriusannya menggarap pasar ponsel pintar di Indonesia. Perlu dicatat pula, saat ini Sharp merupakan satu-satunya pabrikan asal Jepang yang memasarkan ponselnya di Tanah Air.

Sharp hadir mengisi kekosongan ponsel buatan pabrikan Jepang di Indonesia yang sebelumnya dikuasai oleh Sony lewat lini produk andalanya, Xperia.

Menurut Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka, pihaknya optimistis mampu bersaing di Indonesia berbekal reputasinya selama puluhan tahun memasarkan berbagai jenis peralatan elektronik. Selain itu, dia menganggap permintaan ponsel di Indonesia masih sangat besar dan belum benar-benar terpenuhi.

“Di masa pandemi seperti saat ini, permintaan smartphone di Indonesia masih sangat besar. Mengusung kualitas Jepang yang terkenal akan daya tahannya, kami yakin Sharp Aquos Sense4 Plus mampu memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah produk smartphone yang tidak hanya pintar namun Tangguh,” katanya saat peluncuran yang berlangsung pada Kamis (22/1/2021).

Lebih lanjut, Teraoka menjelaskan AQUOS Sense 4 Plus merupakan ponsel gaming kelas menengah yang menawarkan sejumlah fitur unggulan, termasuk diantaranya adalah ketahanan terhadap debu dan air. Ponsel tersebut mengantongi sertifikasi IP68 yang tak ditemukan di ponsel lain sekelasnya.

Ponsel tersebut selain tahan debu dan cipratan air juga dapat diajak “menyelam” di kedalaman 1,5-2 meter selama 30 menit. Kemampuan yang biasanya hanya dimiliki oleh ponsel-ponsel kelas atas atau flagship.

Keunggulan lain yang juga dimiliki oleh ponsel ini adalah layarnya yang dilapisi oleh kaca pelindung Corning Gorilla Glass 6 untuk melindungi layar dari benturan dan goresan. Layarnya sendiri berjenis IPS LCD berukuran 6,7 inci. Resolusi layar tersebut mencapai 1080 X 2400 pixel (Full HD) dengan kecepatan refresh (refresh rate) 90Hz dan Touch Sampling Rate 120Hz yang responsif.

Sementara dari sisi fotografi, AQUOS Sense4 Plus dibekali enam buah kamera yaitu empat kamera pada bagian belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48MP dengan F1.8, kamera wide 5MP dengan F2.2 (115°), kamera makro 1.9MP dengan F2.4, dan kamera depth 1.9MP.

Sementara di bagian depan disematkan dual kamera dalam desain punch hole, dengan resolusi 8MP dengan F2.0 yang dibantu kamera depth 1.9MP. Kamera depan maupun belakang  AQUOS Sense4 Plus Mampu merekam video dengan resolusi maksimal 4K dan 1080P dengan kecepatan 30 frame per detik.

Kameranya juga didukung oleh fitur AI Live Shutter yang dapat secara otomatis mengambil gambar terbaik dari rangkaian foto yang kita ambil serta fitur AI Live Story yang secara otomatis membuat file cuplikan video yang memilih adegan-adegan terbaik dari video aslinya.

Baterai yang digunakan oleh ponsel berkapasitas 4.120 mAh. Namun sayangnya, tak dijelaskan apakah baterai tersebut sudah mendukung pengisian daya cepat lewat konektor USB type-C yang disematkan di bagian bawah sejajar dengan konektor audio 3,5 mm.

Sharp aquos sense4 plus

Terakhir, sebagai ponsel yang digadang-gadang sebagai ponsel gaming, AQUOS Sense4 Plus juga hadir dengan antarmuka khusus. Ponsel ini menggunakan antarmuka Gaming UI berbasis Android 10 akan memberikan kenyamanan saat bermain gim. Sebut saja fitur Block Notification yang memungkinkan pengguna menghilangkan notifikasi aplikasi lain serta penerimaan panggilan serta pesan yang mengganggu.

Chipset yang digunakan oleh AQUOS Sense4 Plus adalah Qualcomm Snapdragon 720G. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128 yang bisa diekspansi menggunakan microSD.

AQUOS Sense4 Plus dijual dengan harga Rp4,49 juta. Penjualan dimulai pada Kamis (21/1) melalui program pra pemesanan yang akan digelar hingga Rabu (21/1) mendatang. Perlu diingat bahwa ponsel ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna saja, yakni hitam atau deep black.

CHIPSET SEJUTA UMAT

Chipset yang digunakan oleh AQUOS Sense4 Plus boleh dibilang sebagai chipset “sejuta umat”. Pasalnya, nyaris semua pabrikan yang memasarkan produknya di Indonesia menawarkan ponsel dengan chipset tersebut.

Salah satu diantaranya adalah Realme 7 Pro. Ponsel yang dirilis pada Oktober 2020 itu menggunakan Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB seperti ponsel kelas menengah pada umumnya.

Realme 7 Pro hadir dengan layar AMOLED 6,4 inci dengan rasio screen to body mencapai 90,8 persen. Di dalam layar tersebut terdapat pemindai sidik jari, tepatnya di bagian bawah dan lubang kecil (punch hole) untuk menempatkan kamera depan di bagian atasnya.

Ponsel tersebut hadir dengan keunggulan utama kemampuan pengisian daya cepat mencapai 65W ber teknologi SuperDart Charge. Teknologi tersebut membuat Realme 7 Pro hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk mengisi daya dari kondisi kosong hingga 13 persen. Sementara itu, hingga benar-benar penuh atau 100% dibutuhkan waktu pengisian 34 menit saja.

Uniknya, Realme 7 Pro hadir dengan baterai ganda 3C 4500mAh atau dua unit baterai 2250mAh yang dirangkai menjadi satu kesatuan.

handphone murah realme 7 pro

Selain kemampuan pengisian daya cepat, Realme 7 Pro juga mengunggulkan sektor fotografi bermodalkan empat kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP (f/1.8), ultra-wide 12MP (f/2.3), sensor kedalaman atau depth sensor 5MP (f/2.4), dan makro 2MP (f/2.4). Kamera utamanya dapat digunakan untuk merekam video beresolusi 4K 30 fps dengan bantuan teknologi gyro-EIS (Electronic Image Stabilizer).

Untuk kamera depannya, Realme 7 Pro menggunakan kamera beresolusi 32 MP (f/2.5) yang dapat digunakan untuk merekam video beresolusi maksimal Full HD (1080p) 30 fps.

Realme 7 Pro dibanderol dengan harga Rp4,99 juta atau sedikit lebih mahal dari Aquos Sense4 Plus. Namun, jangan berharap ponsel ini bisa diajak berenang atau menemani aktivitas ekstrem Anda di luar ruangan. Ponsel ini sama seperti ponsel lain di kelasnya, belum mengantongi sertifikasi tahan debu dan air.

Ponsel ini layak dilirik apabila Anda membutuhkan ponsel dengan fitur near field communication (NFC) untuk keperluan transaksi elektronik.

Apabila Anda tertarik dengan ponsel ber-chipset Snapdragon 720G, ponsel yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain OPPO Reno 4, OPPO Reno 4 Pro, Vivo V20, Xiaomi Redmi Note 9 Pro, dan Realme 6 Pro. Semuanya dijual di rentang harga Rp3juta-Rp5jutaan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone ponsel handphone sharp
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top