Seperti di Film, Ilmuwan Usulkan Konsep Koloni Megasatelit di Luar Angkasa

Syaiful Millah
Rabu, 20 Januari 2021 | 20:10 WIB
Pesawat ruang angkasa Jepang, Hayabusa 2 - JAXA
Pesawat ruang angkasa Jepang, Hayabusa 2 - JAXA
Bagikan

1Dunia Silinder

Menurut proposal Janhunen, setiap silinder megasatelit Ceres akan menghasilkan gravitasi nya sendiri melalui rotasi. Setiap habitat silinder berukuran sekitar 10 kilometer, memiliki radius 1 kilometer, dan menyelesaikan rotasi penuh setiap 66 detik.

Rotasi tersebut akan menghasilkan gaya sentrifugal yang diperlukan untuk mensimulasikan gravitasi mirip di Bumi. Ide umum soal sentrifugal ini pertama kali diusulkan pada 1970an dan dikenal sebagai silinder O'Neill.

Adapun, satu silinder dengan nyaman dapat menampung sekitar 57.000 orang dan akan ditempatkan di samping silinder tetangganya melalui magnet yang kuat, seperti yang digunakan dalam levitasi magnetik.

Keterkaitan itu menunjukkan keuntungan besar lainnya dari kehidupan megasatelit, yakni silinder habitat baru dapat ditambahkan ke tepi koloni untuk waktu yang tidak terbatas. Ini memungkinkan ekspansi yang hampir tidak terbatas.

"Luas permukaan Mars lebih kecil dari Bumi, akibatnya tidak dapat menyediakan ruang untuk populasi yang signifikan dan ekspansi ekonomi. Sebaliknya koloni Ceres dapat tumbuh dari satu hingga jutaan habitat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper