Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Android akan Hadirkan Fitur Hibernasi Aplikasi

Android Open Source Project dilaporkan sedang mengerjakan fitur "hibernasi" untuk mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  09:54 WIB
Android
Android

Bisnis.com, JAKARTA - Fitur baru yang mampu mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan akan dihadirkan bagi pengguna sistem operasi Android.

Melansir GSM Arena pada Selasa (19/1/2021), tim di Android Open Source Project dilaporkan sedang mengerjakan fitur "hibernasi" untuk mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan.

Fitur yang satu ini kemungkinan masih dalam tahap pengembangan awal. Kuat dugaan fitur tersebut akan dihadirkan dalam Android 12.

Belum ada tanggal rilis resmi untuk Android 12, tetapi melihat pendahulunya, pratinjau Android 11 keluar pada Februari 2020.

Ketika satu pengguna pada perangkat multi-pengguna memilih untuk menghibernasi sebuah aplikasi, cache aplikasi yang terkait dengan pengguna tersebut akan dihapus, sehingga mengosongkan ruang memori.

Blum diketahui bagaimana fitur tersebut bekerja ketika semua pengguna perangkat Android menghibernasi aplikasi, terutama karena sebagian besar perangkat hanya memiliki pengaturan untuk satu pengguna.

Sesuai dengan namanya, tampaknya aplikasi tidak akan dihapus secara permanen, tetapi mungkin ada cara untuk mengompres aplikasi sehingga menghemat ruang. Jika pengguna ingin membangunkan aplikasi dari hibernasi, maka aplikasi tidak akan dikompresi.

Selain itu, fitur hibernasi ini tampaknya sama sekali tidak terkait dengan fungsi hibernasi yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi, yang berfungsi untuk menjeda aplikasi mirip dengan fitur bawaan Android untuk mengistirahatkan aplikasi, Doze state.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone android
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top