Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa di Majene, Kominfo: 122 Unit BTS Tidak Berfungsi!

Kementerian Kominfo berupaya memulihkan layanan telekomunikasi di Majene usai sebanyak 122 unit BTS dilaporkan tidak berfungsi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 16 Januari 2021  |  13:06 WIB
Ilustrasi BTS. Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3 - 2020).
Ilustrasi BTS. Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan layanan telekomunikasi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat sudah membaik usai gempa bumi berkekuatan 6,2 SR yang terjadi Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WIB atau pukul 02.28 WITA.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan terdapat 122 unit base transceiver station (BTS) yang terdampak gempa bumi dan kini tengah diupayakan bisa pulih memberikan layanan kepada masyarakat.

"Operator telekomunikasi yang berada di sana seperti Telkomsel dan Hutchison 3 sudah mulai berfungsi kembali," kata Johnny dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (16/1/2021).

Kementerian bersama operator telekomunikasi tengah melakukan pengecekan gangguan yang terdapat pada 122 BTS yang terdampak gempa dari total sebanyak 651 BTS yang ada. Setelah diketahui penyebab tidak berfungsinya BTS, maka akan segera ditindaklanjuti sesuai dengan tingkat kerusakan yang terjadi.

Dia berharap 122 unit BTS yang tidak berfungsi akibat kerusakan power supply saja. Namun, kalau ada kerusakan struktural bangunan atau jaringan memerlukan waktu sedikit lebih lama.

Kementerian Kominfo bersama operator telekomunikasi berkomitmen memberikan pelayanan telekomunikasi berkualitas kepada wilayah terdampak gempa bumi di Majene. Terlebih, jaringan telekomunikasi faktor vital yang diperlukan dalam penanganan tanggap darurat, pasca gempa yang terjadi.

Selain itu, Menteri Kominfo menyatakan telah mengirimkan Very-Small-Aperture Terminal (VSAT) ke wilayah terdampak gempa bumi untuk mendukung layanan telekomunikasi yang dibutuhkan dalam masa tanggap darurat. "Untuk mengoptimalkan jaringan telekomunikasi khusus, bagi layanan medis dan layanan tanggap darurat lainnya," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top