Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tri Indonesia Punya Internet Cepat 330 Mbps, Model Bisnis Masih Dicari

Tri Indonesia sedang mencari model bisnis untuk layanan internet dengan teknologi 4G LTE Licensed Assisten Access (LAA) berkecepatan 330 Mbps.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  10:37 WIB
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri. - dok. Tri Indonesia
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri. - dok. Tri Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) sedang mengembangkan model bisnis untuk layanan internet cepat 4G dengan kecepatan layanan hingga 330 Mbps.

Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia Danny Buldansyah menuturkan teknologi tersebut menggunakan teknologi Licensed Assisten Access (LAA) dari 4G LTE Advanced Pro. Adapun, LAA merupakan gabungan dari spektrum yang digunakan oleh operator seluler dengan spektrum untuk WiFi.

Hingga saat ini, kata dia, perseroan masih mencari bisnis model yang tepat untuk menerapkan teknologi ini. Padahal, uji coba sudah pernah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dengan menghasilkan kecepatan layanan hingga 330 Mbps.

"Belum diimplementasikan. Bisnis modelnya bisa bermacam-macam seperti korporasi atau pabrik untuk IoT atau WiFi dalam ruangan, dan belum akan dikembangkan secara luas karena dapat mengganggu layanan WiFi lainnya," kata Danny kepada Bisnis.com, Kamis (14/1/2021).

Danny menambahkan selain bisnis model, perseroan juga masih mempelajari regulasi dan spesifikasi perangkat untuk teknologi ini. Seperti WiFi, LAA juga memiliki standardisasi perangkat agar tidak mengganggu layanan lainnya.

Lebih lanjut, kata Danny, meski WiFi dan LAA sama-sama bersifat lisensi bebas, secara keamanan LAA lebih aman karena terhubung dengan kartu SIM operator seluler. LAA juga dapat digunakan jaringan cadangan saat kapasitas di suatu titik terlalu penuh.

"WiFi kelemahannya di keamanan. Sedangkan kalau di LTE itu keamanannya lebih terjamin," kata Danny.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi 3 Indonesia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top