Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KR Baruna Jaya IV BPPT Selesaikan Misi 182 Hari Pelayaran

Kapal Baruna Jaya IV dinyatakan telah menyelesaikan misi pelayaran selama 182 hari di Jakarta, Rabu (30/12/2020). Sebanyak 21 kru kapal tersebut mendapatkan tanda penghargaan. Apa saja yang dilakukan?
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 03 Januari 2021  |  18:18 WIB
Kapal Riset Baruna Jaya IV BPPT.  - BPPT
Kapal Riset Baruna Jaya IV BPPT. - BPPT

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal Baruna Jaya IV dinyatakan telah menyelesaikan misi pelayaran selama 182 hari di Jakarta, Rabu (30/12/2020). Sebanyak 21 kru kapal tersebut mendapatkan tanda penghargaan. Apa saja yang dilakukan?

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan Misi 182 Hari Pelayaran Kapal BJ (Baruna Jaya) IV merupakan bagian dari upaya BPPT melaksanakan inovasi teknologi khususnya di bidang survei kelautan.

"Terima kasih juga atas pengorbanan dan dedikasinya kepada Indonesia, sungguh luar biasa di masa pandemi seperti sekarang BPPT mampu menciptakan rekor pelayaran," katanya seperti dikutip dari siaran pers BPPT, Sabtu (2/1/2021).

Selain memberi penghargaan kepada para kru kapal, Kepala BPPT juga menandatangani Momento dan plakat BJ 4182 sebagai bukti sejarah perjalanan BJ IV. Kapal Baruna Jaya IV merupakan kapal riset yang berawak 21 kru dan telah menyelesaikan misi pelayaran selama 182 hari.

Kapal Baruna Jaya IV sebagai penerus legacy BPPT di bidang survei kelautan diharapkan terus melaksanakan upaya lebih dari sebelumnya. Dengan demikian, kapal ini bisa mengangkat BPPT sebagai lembaga survei kelautan, khususnya dengan terobosan dan rekor baru.

Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT Djoko Nugroho menuturkan, Baruna Jaya IV atau BJ 4182 merupakan sebuah nama perjalanan sejarah pelaksanaan tugas para aparatur sipil negara (ASN) kru BJ IV selama 182 hari atau selama 6 bulan nonstop.

Dimulai dari dermaga Pelabuhan Muara Baru pada 20 Juni 2020 dan kembali pada 20 Desember 2020. Menurut Djoko, ini merupakan rekor terlama sejak kapal riset Baruna Jaya yang dimiliki BPPT sejak 1989. Selain itu, pandemi Covid-19 mengharuskan tidak ada penggantian kru guna menghindari potensi terpaparnya Covid-19 kepada kru kapal atau tim tenaga ahli.

Kepada para 21 kru BJ IV dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab selama 182 hari, mereka mendapatkan tanda kehormatan berupa sertifikat penghargaan atas dedikasi mereka selama enam bulan mengemban amanah tugas negara, jalasnya.

Berikut misi perjalanan Baruna Jaya IV selama 128 hari.

- Survei jalur kabel SKKL Lumori Sulawesi, 20 Juni -15 Agustus 2020.
- Survei pencarian kapal tenggelam A. Alia, 15 Agustus - 2 September 2020,
- Survei jalur kabel Ina CBT di Labuan Bajo - Balikpapan, 2-5 November 2020
- Survei deployment Ina buoy sampai dengan 21 November 2020,
- Survei advance Ina CBT Cilacap sampai dengan 19 Desember 2020
- Survei the covery Ina buoy pada 19 Desember 2020
- Bertolak kembali ke dermaga Muara Baru pada 20 Desember 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal riset
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top