Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi merger.  -  Dok. Istimewa
Premium

Boom! Rencana Merger Indosat (ISAT) & Tri Segera Diumumkan, Ini Progresnya

28 Desember 2020 | 13:08 WIB
Salah satu pihak membenarkan adanya pembicaraan merger antara Indosat (ISAT) dengan Tri Indonesia, dan kepastiannya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Bisnis.com, JAKARTA – Sinyal merger PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) dengan PT Indosat Tbk (ISAT) kian berhembus kuat usai salah satu pihak membenarkan rencana tersebut. Posisinya tinggal menunggu kata sepakat saja.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Selasa (22/12/2020), isu ini berawal dari laporan Bloomberg yang menyebutkan bahwa Indosat dan Tri sedang dalam tahap lanjutan terkait dengan konsolidasi kedua perusahaan. Menurut seorang sumber yang enggan disebutkan namanya, penawaran merger keduanya melibatkan penawaran saham dan uang tunai.

Perjanjian merger tersebut akan membuat kedua pihak sebagai pemegang saham mayoritas pada entitas baru yang nantinya terbentuk. Adapun saat ini Ooredoo menguasai 65 persen saham ISAT.

Sumber tersebut melanjutkan, pengumuman terkait merger dapat dilakukan pada pekan lalu. Struktur perjanjian penggabungan usaha tersebut juga belum memasuki tahap akhir dan masih mungkin mengalami penundaan atau bahkan batal.

Selang beberapa hari, kabar merger tersebut masih belum dikonfirmasi oleh otoritas terkait. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kompak mengaku belum mendapatkan informasi resmi dari dua perusahaan yang diduga ingin merger tersebut.

Dirjen SDPPI Kemenkominfo Ismail mengatakan kedua operator tersebut wajib melapor kepada pemerintah apabila berkeinginan untuk merger. Sejumlah permasalahan – termasuk mengenai kepemilikan spektrum frekuensi – akan dibahas di tingkat kementerian, agar pemanfaatan spektrum frekuensi makin optimal.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top