Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Startup Ini Tawarkan Fitur Kampanye dan Pemilu Secara Online

DukungCalonmu.com mengklaim dirinya sebagai market leader dan pelopor platform kampanye digital dan online election di Indonesia.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 21 November 2020  |  13:59 WIB
Pekerja melipat surat suara Pilkada Medan di Gudang Logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/11/2020). - Antara
Pekerja melipat surat suara Pilkada Medan di Gudang Logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/11/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan di bidang digital politik, PT Dukung Calonmu Indonesia, mengenalkan fitur kampanye digital dan pemilihan secara daring (online election) untuk menangkap momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada masa pandemi.

Pendiri sekaligus Direktur Pemasaran dan Operasional Dukung Calonmu Dzaki Yudi Ananda menyebut kedua fitur yang ditawarkan lewat platform daring tersebut akan menjadi solusi kampanye bagi politisi di masa pandemi.

“Kampanye digital juga merupakan solusi atas masalah-masalah pada praktik kampanye konvensional yang mahal, sulitnya untuk berinteraksi dengan masyarakat, informasi tentang calon tidak dapat tersampaikan dengan baik, penyebaran hoaks, dan masalah-masalah lainnya,” kata Dzaki dalam keterangan resmi, Minggu (21/11/2020).

Adapun, DukungCalonmu.com yang juga termasuk dalam program UI Incubate ini mengklaim dirinya sebagai market leader dan pelopor platform kampanye digital dan online election di Indonesia.

Setelah mendapatkan dukungan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui program Indigo, DukungCalonmu.com yang didirikan pada 2018 ini telah digunakan oleh sejumlah universitas untuk pemilihan ketua organisasi kemahasiswaan, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, himpunan mahasiswa, dan pemilihan organisasi intra kampus lainnya.

“Fitur online election ini juga memudahkan mahasiswa mengingat hampir seluruh kampus melakukan pembelajaran jarak jauh dan tidak melakukan aktivitas di dalam kampus,” imbuh Dzaki.

Wakil Ketua KPK Periode 2014 – 2019 Saut Situmorang mengapresiasi pembentukan DukungCalonmu.com dan menyebut saat ini masyarakat tak bisa lagi bertahan pada cara-cara analaog atau cara lama dalam membangun karakter dan integritas politik bangsa kita.

“Cara-cara lama yang linier itu memiliki keterbatasan. Digitalisasi politik sebagaimana yang dilakukan DukungCalonmu akan membangun kepastian, kecepatan, efisiensi, dan efektivitas dalam mencapai kemajuan bangsa, sebagaimana amanat konstitusi”, kata Saut.

Saat ini, Website DukungCalonmu.com secara regular dikunjungi lebih dari 15.000 pengunjung dan jumlahnya diperkirakan terus bertambah hingga mencapai target 30.000 -45.000 pengunjung hingga akhir 2020.

Dalam dua tahun mendatang, Dzaki mematok jumlah pengguna di platform besutannya bakal meningkat signifikan mencapai 1 juta pengguna.

Menurutnya, potensi platform kampanye dan pemilihan secara daring ini cukup besar mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia telah melebihi 150.000 juta jiwa atau lebih dari separo total populasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu StartUp kampanye pemilu
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top