Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Jatim Gandeng Mbizmarket Terapkan Belanja Toko Daring

Peluncuran program Jatim Bejo diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Kamis, 19 November 2020. 
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 19 November 2020  |  21:56 WIB
Peluncuran program Jatim Bejo (Jawa Timur Belanja Online) di Surabaya, Kamis (19/11/2020). - Istimewa/mbizmarket
Peluncuran program Jatim Bejo (Jawa Timur Belanja Online) di Surabaya, Kamis (19/11/2020). - Istimewa/mbizmarket

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggandeng mbizmarket untuk mulai mengimplementasikan belanja di toko daring melalui program Jatim Bejo (Jawa Timur Belanja Online).

Peluncuran program Jatim Bejo diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Kamis, 19 November 2020.  Acara dihadiri oleh aparatur pemerintah provinsi, termasuk perwakilan dari pemerintah kota dan kabupaten se-Jawa Timur.

CEO Mbiz Rizal Paramarta mengatakan bahwa pihaknya merasa senang terpilih dan dipercaya untuk mendukung Pemprov Jatim dalam pelaksanaan program Jatim Bejo.

Melalui program ini, perusahaan akan mendukung pertumbuhan UKM di Jawa Timur, dengan menggandeng rekanan strategis di bidang keuangan untuk membuka akses pinjaman modal, membantu pelaku UKM, khususnya yang menjadi penyedia di lingkungan Pemprov Jawa Timur, yang mengalami keterbatasan permodalan.

“Selain menyediakan infrastruktur teknis platform mbizmarket dan menyediakan layanan dukungan transaksi bagi pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten di Jawa Timur, kami akan membantu membuka jaringan pasar bagi UKM di Jawa Timur secara nasional. Kami berharap usaha ini dapat secara nyata mempercepat laju pemulihan UKM yang terdampak pandemi Covid-19,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (19/11/2020).

Sementara itu, Indah Wahyuni, Kepala Biro Pengadaan Barang dan jasa Pemprov Jawa Timur, berharap agar pengimplementasian Jatim Bejo akan memudahkan Biro Pengadaan Barang/Jasa dalam melaksanakan pengawasan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengadaan barang/jasa terutama terhadap pengadaan yang belum dapat sepenuhnya diselenggarakan secara elektronik, serta lebih menjamin akuntabilitas pengadaan barang/jasa.

“Selain itu, hal ini juga akan mendorong terciptanya persaingan pasar yang terbuka dan sehat sehingga membantu memberi nilai manfaat yang sebesar-besarnya atau value for money dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk Daerah, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah,” ujarnya.

Mbizmarket.co.id merupakan platform dagang-el yang dikembangkan oleh  PT Brilliant Ecommerce Berjaya, perusahaan rintisan e-marketplace B2B di Indonesia.

Senbelumnya, mbizmarket dipercaya untuk dimanfaatkan di lingkungan Pemprov Jawa Barat  pada Januari 2020, disusul pemerintah provinsi Bali pada Juli  2020.

Pemanfaatan platform B2B dagang-el kini mulai menjadi suatu standar di lingkungan pemerintah, khususnya untuk memenuhi kebutuhan barang/jasa pemerintah.

Peraturan Presiden No. 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menjadi landasan utama sistem penyelenggaran secara elektronik (SPSE), yang menentukan tentang pemanfaatan e-marketplace untuk menyediakan infrastruktur teknis dan layanan dukungan transaksi bagi kementerian/lembaga/pemerintah daerah, dan penyedia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online e-commerce fintech
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top