Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi helm milik pengemudi Gojek. - REUTERS/Beawiharta
Premium

'Nada Sumbang' Investasi Telkom (TLKM) ke Gojek

19 November 2020 | 16:53 WIB
Di balik optimisme yang terbangun dari realisasi investasi Telkom ke Gojek, ternyata ada 'nada sumbang' yang muncul ke publik dan berharap agar empunya tidak gegabah.

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hari lalu, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menyuntikkan dana US$150 juta atau setara Rp2,1 triliun ke PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) yang bertujuan untuk memperkuat layanan anak usaha, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Banyak pihak yang menganggap keputusan Telkom sebagai langkah tepat. Bagaimana tidak, berbekal infrastruktur digital dan jaringan telekomunikasi yang sudah mumpuni, Telkomsel bakal dengan mudah meng-upgrade Gojek yang dikenal sebagai aplikasi ride-hailing.

Di sisi lain, Gojek juga sudah bertransformasi dengan baik usai sukses meninggalkan era 'bakar uang', seperti yang dilakukan saat awal kemunculannya di Tanah Air. Hal tersebut dibuktikan dengan total nilai transaksi di dalam platform Gojek Group (gross transaction value/GTV) yang mencapai US$12 miliar atau setara Rp170 triliun, meningkat 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Pencapaian itu didorong antara lain oleh transaksi dari pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) Gojek yang telah mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara.

Kepercayaan serupa juga tecermin dari sentimen positif pasar. Pada perdagangan Selasa (17/11/2020), saham TLKM menguat 4,89 persen ke level 3.220. Saham TLKM menjadi buruan investor, termasuk investor asing yang mencetak net buy Rp548,4 miliar. Kenaikan saham TLKM juga turut menopang penguatan Indeks Harga Gabungan (IHSG) sebesar 0,64 persen ke posisi 5.529,94.

Namun, di balik optimisme tersebut ternyata aksi korporasi tersebut tetap mendapatkan kritikan yang menganggap keputusan tersebut layaknya nada sumbang. Dirasa masih fals atau belum tepat.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top