Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Direksi PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).  - Antara
Premium

Investasi ke Gojek dan LinkAja, Apa yang Diincar Telkomsel dan TLKM?

17 November 2020 | 13:40 WIB
Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) yakni PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) baru saja menyuntikkan dana US$150 juta ke Gojek. Sebelumnya, Telkomsel juga terlibat pendanaan ke LinkAja bersama Grab. Apa yang diincar perusahaan pelat merah itu dari rentetan aksi korporasi tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) baru saja menyuntikkan dananya sebesar Rp2,1 triliun atau US$150 juta ke PT Aplikasi Anak Bangsa alias Gojek. Belum lama ini, Telkomsel juga bergabung bersama Grab untuk memberikan pendanaan ke LinkAja.

Langkah Telkomsel yang merupakan anak usaha dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) untuk berinvestasi di LinkAja dan Gojek tersebut relatif memiliki waktu yang berdekatan.

Pasalnya, pengumuman pendanaan ke LinkAja dirilis pada 11 November lalu. Kala itu, Grab dan Telkomsel bergabung dengan BRI Ventura Investama dan Mandiri Capital Indonesia, untuk memberikan pendanaan senilai US$100 juta. Adapun, Telkomsel sejatinya menggenggam 25 persen saham LinkAja.

Sementara itu, kesepakatan pendanaan Telkomsel ke Gojek terjadi pada Senin (16/11/2020). Lalu, apa alasan gencarnya Telkomsel  dalam memberikan pendanaan ke perusahaan rintisan seperti LinkAja dan Gojek?

Pengamat industri teknologi dari Institut Teknologi Bandung Ian Joseph Matheus Edward mengatakan, Telkomsel dan induk usahanya Telkom menyadari besarnya potensi bisnis di sektor data pelanggan. Menurutnya, langkah itu dapat diperoleh dengan cara melakukan investasi ke perusahaan seperti Gojek.

“Data pelanggan memiliki nilai yang besar saat ini. Dengan Telkomsel berinvestasi ke Gojek, ada kemungkinan mereka bisa mengakses pelanggan Gojek. Di sisi lain, basis pelanggan Telkomsel pun bisa lebih mudah diperluas dengan bisnisnya bersama Gojek,” katanya kepada Bisnis, Selasa (17/11/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top