Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Startup di Indonesia Bakal Untung, Ini Alasannya

East Ventures menilai perusahaan rintisan (startup) di Indonesia bakal untung karena mayoritas pengguna internet Asia Tenggara ada di Tanah Air.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 11 November 2020  |  15:07 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan rintisan (startup) diyakini akan meraup manfaat besar ke depan seiring dengan melesatnya pertumbuhan jumlah pengguna internet di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Laporan e-Conomy SEA menyebutkan ada 40 juta pengguna baru internet di Asia Tenggara, dengan 63 persen dari jumlah tersebut berada di Indonesia.

Co-Founders and Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menilai bahwa arah dan percepatan menuju era keemasan digital Indonesia berada dalam jalur, seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet di Asia Tenggara.

Laporan Google menvalidasi pembangunan ekonomi digital Indonesia selama ini, sudah melewati semua negara Asia Tenggara. Indonesia, kata Willson, berpotensi melakukan loncatan pertumbuhan ekonomi digital yang signifikan hingga melebihi negara-negara lain di seluruh dunia.

“Fondasi digital sudah dibangun dengan baik, penduduk juga makin terbiasa dengan penggunaan teknologi, model bisnis pun makin kokoh,” kata Willson kepada Bisnis.com, Selasa (10/11/2020).

Dia menjelaskan merujuk data Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang dipublikasikan beberapa waktu lalu, terdapat sekitar 25,5 juta pengguna baru internet di Indonesia. Artinya sekitar 63 persen dari 40 juta pengguna baru internet di Asia Tenggara tinggal di Indonesia.

Kontribusi ekonomi digital di Indonesia pun mencapai US$44 miliar, 40 persen dari ekonomi digital Asia Tenggara.

Dia mengatakan momentum pertumbuhan ini harus terus dijaga oleh perusahaan rintisan, disertai dengan disiplin keuangan sehingga bisa bertahan dengan baik selama masa resesi.

“Perusahaan rintisan juga harus terus membangun fondasi kemampuan mereka. Agar mereka bisa menangkap peluang dari bonus demografi Indonesia dan Asia Tenggara dalam tahun-tahun ke depan,” kata Willson.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top