Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi Ecommerce.  - Antaranews
Premium

Bukalapak, Tokopedia dan Gelontoran Dana Oleh Investor Asing ke E-commerce

04 November 2020 | 13:50 WIB
Dua perusahaan raksaasa e-commerce asal Indonesia baru saja mengumumkan perolehan pendanaannya dari investor kakap, dalam waktu yang hampir bersamaan. Mereka adalah Tokopedia dan Bukalapak. Apa yang mendasari investor asing gencar mendanai e-commerce RI?

Bisnis.com, JAKARTA – "e-Bay mungkin hiu di laut, tapi saya buaya di Sungai Yangtze". Berikut adalah pernyataan populer Jack Ma pendiri Alibaba ketika pesaingnya mulai melirik pasar China.

Arti dari pernyataan tersebut, Jack Ma tahu persis kondisi dari sungai Yangtze di China. Dalam hal ini Jack Ma bicara tentang aspek kelokalan. Meskipun perusahaan raksasa asing  masuk, mereka tidak akan berkembang apabila tidak berkolaborasi dengan pemain lokal.

Konsep itu sepertinya memang menjadi pedoman atau pertimbangan para pelaku bisnis besar global ketika berekspansi di negara lain, termasuk di Indonesia.

Baru-baru ini Microsoft berkolaborasi dengan Bukalapak. Sebagai langkah awal dalam kemitraaan ini, Bukalapak akan mengadopsi Microsoft Azure. Selanjutnya, Microsoft akan melakukan investasi di e-commerce tersebut.

"Kemitraan ini menandakan kolaborasi mendalam dengan Microsoft dalam serangkaian proyek teknologi, yang akan mengubah solusi perdagangan berbasis teknologi serta solusi dan operasi di Indonesia," tutur CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (4/11/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top