Listrik Padam, Ini Langkah Telkomsel, XL, dan Indosat

Akbar Evandio
Minggu, 1 November 2020 | 16:50 WIB
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS). Jaringan telekomunikasi terganggu lantaran beberapa BTS di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas listrik padam. /Bisnis.com
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS). Jaringan telekomunikasi terganggu lantaran beberapa BTS di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas listrik padam. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa operator telekomunikasi angkat bicara mengenai padamnya listrik yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta, Depok dan Bekasi yang turut berimbas pada koneksi internet masyarakat.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan bahwa penurunan kualitas jaringan Telkomsel di wilayah Jakarta, Depok, dan Bekasi sudah terjadi sejak siang hari karena kendala pasokan listrik dari PLN.

“Untuk saat ini kondisi jaringan dan layanan Telkomsel mulai berangsur pulih seiring dengan sudah tersolusinya pasokan listrik di sebagian besar lokasi. Kami juga senantiasa akan terus memastikan pasokan listrik cadangan berfungsi di perangkat jaringan kami,” katanya saat dihubungi Bisnis, Minggu (1/11/2020).

Lebih lanjut, perusahaan akan melakukan monitor secara berkala untuk kondisi perangkat jaringan Telkomsel dan memastikan layanan tetap berjalan normal untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan,” ujarnya.

Head of External Communication XL Axiata, Henry Wijayanto mengatakan perusahaan tetap bersiaga mengantisipasi perkembangan situasi berikutnya. “Padamnya listrik di sejumlah wilayah di Jabodetabek siang hari ini telah berdampak pada kualitas sinyal XL Axiata, khususnya di wilayah DKI Jakarta.”

Lebih lanjut, perusahaan dengan sigap melaksanakan langkah-langkah penanganan secara darurat, termasuk mengerahkan getset guna tetap menjaga operasional BTS di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Selain itu, perusahaan melakukan serta rekayasa jaringan untuk backup jaringan yang terdampak. "Alhamdulillah, saat ini semua jaringan, 2G,3G, dan 4G, sebagian besar telah berangsur pulih. Pengecekan jaringan masih terus kami lakukan,” ujar Henry.

VP Head of Strategic Communications Indosat Ooredoo Adrian Prasanto mengatakan terganggunya jaringan Indosat Ooredoo itu lantaran beberapa BTS di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas gangguan pasokan listrik.

"Saat ini kondisi berangsur pulih dan BTS yang terdampak sudah kembali normal. Kami terus melakukan pemantauan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan layanan telekomunikasi kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper