Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Resmi! Ini Spesifikasi iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max

Keempat lini iPhone 12 ini dibekali dengan chipset A14 Bionic dan teknologi 5G. iPhone 12 dan iPhone 12 mini memiliki spesifikasi yang nyaris sama. Sedangkan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga memiliki kesamaan spesifikasi, selain ukuran layar.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  10:09 WIB
Foto iPhone 12 yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg
Foto iPhone 12 yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Apple resmi merilis jajaran smartphone terbarunya. Generasi terbaru iPhone ini dirilis dengan nama iPhone 12.

Perilisan ini digelar secara virtual pada Selasa (13/10/2020). Ada empat jajaran iPhone 12 yang dirilis sekaligus: iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Keempat lini iPhone tersebut sudah dibekali dengan chipset terbaru Apple, Apple A14 Bionic. Seluruhnya telah mendukung koneksi teknologi 5G. Dukungan 5G diklaim lebih cepat 10 kali dibandingkan teknologi 4G LTE.

Selain itu, iPhone terbaru ini telah menggunakan layar OLED serta mendapatkan perlindungan Ceramic Shield yang diklaim lebih kuat 4 kali dibanding kaca biasa.

Bagian atas layar iPhone masih ber”poni” alias menggunakan notch lebar khas Apple yang sudah ada sejak iPhone X. Terdapat kamera depan dan sensor biometrik Face ID yang disematkan di notch tersebut.

Perbedaan desain yang cukup nyata dibandingkan generasi sebelumnya ada pada frame iPhone 12 yang kembali tampak seperti siku, mirip dengan desain frame iPhone 5 dan SE.

Selain kesamaan di atas, keempat lini iPhone 12 memiliki sejumlah perbedaan, terutama pada ukuran layar, kamera, dan spesifikasi.

 

iPhone 12 mini dan iPhone 12

iPhone 12 mini dan iPhone 12

iPhone 12 mini menjadi lini dengan layar paling kecil dibanding ketiga varian lainnya. iPhone pertama yang memiliki embel-embel “mini” tersebut dibekali dengan layar seluar 5,4 inci.

Sementara itu, varian iPhone 12 versi reguler memiliki layar yang sedikit lebih lebar, yaitu 6,1 inci.

Selain ukuran layar, kedua varian di atas memiliki spesifikasi yang sama. Keduanya memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 12 megapiksel (MP) dengan bukaan f/1,6 dan satu kamera ultrawide 12 MP (f/2,4).

Kedua varian dijual dengan kapasitas 64, 128, dan 256 GB, serta pilihan warna beragam, mulai dari Black, White, Red, Green, dan Blue.

 

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Perbedaan fisik yang cukup mencolok dari dua varian ini dibandingkan versi reguler dan mini adalah pada kamera yang disematkan. iPhone 12 Pro dan Pro Max mengusung teknologi tiga kamera. Selain dua kamera yang sama dengan seri reguler, kedua seri ini memiliki kamera telefoto 12 MP.

Selain itu, kamera iPhone 12 Pro memiliki sejumlah fitur unggulan seperti Apple ProRaw serta dukungan perekaman video resolusi 4K 60 fps, mode perekaman Dolby Vision HDR 60 fps, serta sensor pemindai LiDAR Scanner.

Sensor tersebut pertama kali diperkenalkan pada iPad Pro 2020. Sensos ini memiliki kemampuan memindai objek 3D dengan lebih akurat karena dapat mengenai jarak dengan benda lainnya.

Dari segi layar, iPhone 12 Pro memiliki dimensi yang sama dengan layar versi reguler, yakni 6,1 inci. Sementara itu, versi Pro Max memiliki layar 6,7 inci. Varian Pro Max memiliki spesifikasi yang sama dengan versi Pro.

Dari segi memori internal, iPhone 12 Pro dan Pro Max hadir dengan tiga pilihan kapasitas, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Sementara itu, pilihan warna yang tersedia ada Graphite, Gold, dan Pacific Blue.

Harga dan Jadwal Rilis

Dilansir dari Bloomberg, iPhone 12 dan iPhone 12 Pro akan dirilis pada 23 Oktober mendatang, dengan preorder dibuka pada 16 Oktober. Sementara itu, iPhone 12 mini dan iPhone 12 Pro Max akan dirilis pada 13 November dan preorder dibuka pda 6 November.

Dari segi harga, iPhone mini dibanderol mulai dari US$699, sedangkan iPhone 12 dihargai US$799 untuk kapasitas 64 GB. Sementara itu, iPhone 12 Pro dan Pro Max masing-masing dibanderol mulai dari US$999 dan US$1.099.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple iphone 12
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top