Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tokopedia dan Bukalapak Merger? Yuk, Intip Peluangnya

Tokopedia dan Bukalapak diisukan bakal merger pada Hari Pelanggan Nasional ini, tetapi menarik untuk melihat mengenai peluang kedua platform e-commerce tersebut.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 04 September 2020  |  17:44 WIB
Merger - Ilustrasi
Merger - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Spekulasi merger yang dilontarkan warganet antara dua perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce), Tokopedia dan Bukalapak sudah terjawab.

Tine Ervina selaku AVP of Customer Satisfaction Management (CSM) Bukalapak pun akhirnya buka suara akan isu merger tersebut. Dia mengatakan bahwa kedua perusahaan tersebut hanya akan membahas seputar pelanggan untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada hari ini.

“Kami mau ngobrol-ngobrol nih, tetapi banyak yang penasaran, banyak yang bertanya-tanya. Ada apa antara Bukalapak dan Tokopedia. Jadi, kami mau mengumumkan apa sih yang terjadi antara Bukalapak dan Tokopedia. Jangan berasumsi apapun, karena kami hanya akan ngobrolin seputar customer service,” ujarnya lewat diskusi virtual di Instagram, Jumat (4/9/2020).

Secara terpisah, Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan peluang merger kala pandemi Covid-19 memang berpeluang kecil. Pasalnya, kehadiran e-commerce tengah menjadi solusi dalam menjawab kebutuhan masyarakat untuk berbelanja dengan meminimalisir terjadinya kontak fisik .

“Dengan kondisi yang mendorong kenaikan dari profitabilitas perusahaan, pada dasarnya insentif dari merger dua perusahaan besar cenderung terbatas. Namun, apabila kedua perusahaan tersebut ternyata tetap melakukan merger, maka kekuatan pasar dari perusahaan hasil merger tersebut akan sangat kuat, dan dapat mendorong pergeseran market leader di sektor e-commerce,” terangnya.

Sekadar catatan, Tokopedia dan Bukalapak sempat melakukan sesuatu yang berbeda kemarin, 3 September 2020. Keduanya, membuat surat bertajuk janji bersama dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional 2020.

Di dalam surat tersebut tertulis, "Dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional 2020, dengan ini kami, Bukalapak dan Tokopedia, berjanji untuk terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada Anda dengan sepenuh hati sebagai ungkapan terima kasih kami atas dukungan Anda selama ini," tulis keduanya, Kamis (3/9/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce tokopedia bukalapak
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top