Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah India Blokir Lagi 118 Aplikasi, Termasuk Game PUBG Mobile

Pemblokiran tersebut disampaikan oleh Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India melalui akun Twitter resmi @Gol_MeitY pada Kamis (3/9/2020).
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 03 September 2020  |  15:04 WIB
Game PUBG, ajarkan kekerasan pada anak? - playstation.com
Game PUBG, ajarkan kekerasan pada anak? - playstation.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah memblokir 57 aplikasi asal China, termasuk diantaranya TikTok dan WeChat pada Juni 2020 kini Pemerintah India menambahkan 118 aplikasi yang masuk dalam daftar blokir, salah satu diantaranya adalah gim PUBG Mobile.

Pemblokiran tersebut disampaikan oleh Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India melalui akun Twitter resmi @Gol_MeitY pada Kamis (3/9/2020).

"Pemerintah Memblokir 118 Aplikasi Seluler yang Merugikan Kedaulatan dan integritas, pertahanan, keamanan negara, serta ketertiban umum," demikian cuitan akun tersebut.

Melalui pernyataan resminya, Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India menyebut telah menerima banyak keluhan dari berbagai sumber termasuk beberapa laporan tentang penyalahgunaan beberapa aplikasi seluler yang tersedia di platform Android dan iOS karena mencuri dan diam-diam mengirimkan data pengguna secara tidak sah ke server yang memiliki lokasi di luar India.

Pusat Koordinasi Kejahatan Dunia Maya India, Kementerian Dalam Negeri juga telah mengirimkan rekomendasi lengkap untuk memblokir aplikasi berbahaya ini .Selain itu, ada kekhawatiran bipartisan serupa, yang ditandai oleh berbagai perwakilan publik, baik di luar maupun di dalam Parlemen India.

"Ada suara yang kuat di ruang publik untuk mengambil tindakan tegas terhadap Aplikasi yang membahayakan kedaulatan India serta privasi warga kami," demikian pernyataan resmi dari Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India.

Dugaan praktik pengumpulan data dari aplikasi yang disebutkan di atas menimbulkan kekhawatiran serius terhadap keamanan negara secara keseluruhan, tidak hanya terbatas pada pengguna ponsel saja.

"Langkah ini akan melindungi kepentingan banyak pengguna ponsel dan internet India. Keputusan ini merupakan langkah yang ditargetkan untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kedaulatan dunia maya India," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india aplikasi PUBG
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top