Apple Hadirkan Pembaruan untuk iOS 13, Apa yang Baru?

Rezha Hadyan
Kamis, 13 Agustus 2020 | 11:53 WIB
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana peluncuran iOS 14 tak membuat Apple melupakan iOS 13 yang saat ini merupakan sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone.

Melansir GSM Arena pada Kamis (13/8/2020), Apple baru saja merilis pembaruan dari iOS 13 yang tak lain adalah iOS 13 6.1. Pembaruan tersebut diberikan kepada seluruh perangkat yang mendukung iOS 13, dimulai dari iPhone SE (2016) dan seterusnya.

Pada saat yang bersamaan Apple juga meluncurkan pembaruan untuk iPad, yakni iPad 13 6.1.

Tidak ada fitur baru yang ditambahkan oleh Apple dalam pembaruan sistem operasinya kali ini. Karena memang disebutkan bahwa pembaruan iOS 13 6.1 maupun iPad 13 6.1 disiapkan untuk memperbaiki versi sebelumnya yang dilaporkan bermasalah atau ditemukan bug.

Pada beberapa jenis perangkat dilaporkan terjadi penurunan kualitas baterai (battery health) secara mendadak dan panas berlebih ketika perangkat dalam proses pengisian daya.

Beberapa pengguna juga melaporkan permasalahan berupa kemunculan warna hijau pada tampilan layar secara tiba-tiba akibat suhu berlebih pada perangkat ketika digunakan. Pembaruan kali ini juga memperbaiki masalah yang menonaktifkan Exposure Notification untuk beberapa pengguna.

Selain itu, masalah yang mencegah file data sistem yang tidak diperlukan dihapus secara otomatis saat penyimpanan rendah telah diatasi, yang seharusnya sangat berguna bagi pemilik iPhone dan iPad lama dengan tidak banyak ruang penyimpanan yang tersedia untuk memulai.

Pembaruan iOS 13.6.1 adalah unduhan 110MB, dan harus siap untuk segera diinstal jika Anda memeriksanya melalui Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

Ini kemungkinan menjadi salah satu pembaruan terakhir untuk iOS 13, melihat bagaimana iOS 14 akan dirilis musim gugur ini atau mungkin segera bulan depan, jika kita kebiasaan Apple di tahun-tahun yang lalu.

Adapun, saat ini iOS 14 sudah tersedia untuk pengguna umum iPhone dalam versi beta. Seperti versi beta pertama pada umumnya, tidak disarankan untuk dijalankan di perangkat utama Anda atau perangkat satu-satunya. Karena verti tersebut masih belum stabil, bukan tidak mungkin perangkat Anda mengalami gangguan atau crash ketika dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper