Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal STO, Fasilitas yang Terbakar & Melumpuhkan Jaringan Telkom Group di Sebagian Sumatra

Jaringan internet Telkom Group mengalami gangguan hingga berjam-jam di Kota Pekanbaru, Riau; Sumatra bagian Tengah dan Sumatra Utara akibat  fasilitas STO Telkom terbakar pada Selasa (11/8/2020) pukul 15.00 WIB.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  05:45 WIB
Gambar tangkapan layar dari video Gedung Telkom di Pekanbaru yang terbakar, Selasa (11 - 8 / 2020) sore. / Dok. Instagram indihomeriaudaratan
Gambar tangkapan layar dari video Gedung Telkom di Pekanbaru yang terbakar, Selasa (11 - 8 / 2020) sore. / Dok. Instagram indihomeriaudaratan

Bisnis.com, JAKARTA — Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) memiliki peranan penting dalam mendukung aktivitas telekomunikasi.

Apa yang terjadi di Pekanbaru, Riau, Sumatra bagian tengah, dan Sumatra Utara merupakan bentuk pentingnya perangkat STO. Lantas apa itu STO?

STO merupakan kumpulan perangkat dalam sebuah fasilitas yang menyambungkan komunikasi telepon pelanggan dengan penyedia layanan telekomunikasi publik.

STO dilengkapi dengan sejumlah perangkat seperti rak kabinet, penyedia daya, extention card, trunk card, option card, dan lain sebagainya.

Adapun, perangkat keras (hardware) meliputi router, VoIP, PSTN, USB phone, IP phone, VoIP gateway, dan lain sebagainya.

Cara kerjanya mirip dengan modem sebagai pusat kontrol yang mengatur semua kegiatan telekomunikasi. Perangkat ini mengatur seluruh panggilan masuk untuk kemudian diteruskan ke nomor tujuannya sehingga pengguna dapat melakukan penggilan ke nomor tujuan.

Dalam perkembangannya, saat ini STO juga mencakup layanan internet protocol, tidak heran ketika terjadi kebakaran pada fasilitas STO Telkom di Pekanbaru, jaringan internet Telkomsel juga mengalami gangguan sebagaimana yang terjadi dengan panggilan suara dan layanan pesan singkat (short message service/SMS).

Selain kebakaran, STO sendiri rawan terhadap gangguan petir. Biasanya, operator telekomunikasi melakukan proteksi pada sistem internal maupun eksternal untuk menghadapi gangguan ini.

Penanganan internal berasal dari organisasi yang terdapat pada operator telekomunikasi tersebut. Adapun, penanganan eksternal umumnya dengan melibatkan vendor.

Sebelumnya, jaringan internet Telkom Group mengalami gangguan hingga berjam-jam di Kota Pekanbaru, Riau; Sumatra bagian Tengah dan Sumatra Utara akibat  fasilitas STO Telkom terbakar pada Selasa (11/8/2020) pukul 15.00 WIB.

Vice President Corporate Communication Telkom (TLKM) Arif Prabowo pun menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

Dia mengatakan bahwa saat ini Telkom Group sedang melakukan mitigasi dan proses pemulihan layanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel telkom
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top