Menjajal Video Pro di Samsung Note 9

Lukas Hendra TM
Jumat, 24 Juli 2020 | 17:45 WIB
Tampilan Video Pro Samsung Note 9
Tampilan Video Pro Samsung Note 9
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Yang dinanti akhirnya tiba. Pengguna Samsung Note 9 kini bisa melakukan setting manual pada pengambilan video menggunakan aplikasi kamera bawaan. Pasalnya, update perangkat lunak kini telah tersedia untuk pasar Indonesia.

Updated perangkat lunak dengan nomor N960FXXU5ETF5 dengan security patch tertanggal 1 Juni 2020, telah mulai muncul notifikasi pengguna Samsung Note 9 di Indonesia pada Jumat (24/7/2020).

Para pengguna Samsung Note 9, sebelumnya harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Filmic Pro yang berbayar jika menginginkan setting manual pengambilan video pada perangkatnya.

Namun, dengan adanya update terbaru ini, pengguna kini bisa langsung menggunakan setting manual untuk pengambilan video para perangkat mereka. Bagaimana caranya?

Memang, menu video pro tidak dimunculkan langsung di aplikasi kamera. Pada tampilan utama aplikasi kamera bawaan. Anda perlu menggeser menu di bawah dan klik ‘more’. Setelah itu, akan muncul icon Pro Video.

Tampilannya tatap muka Video Pro ini klasik seperti ciri khas Samsung. Tidak seperti Filmic yang semuanya dimunculkan untuk mempermudah pengguna melakukan setting manual pengambilan video.

Namun demikian, pengguna Samsung Note 9 kini bisa melakukan pengaturan ISO, pengaturan speed, pengaturan pencahayaan (temperature, tint, contrast, saturation, highlight, shadow). Selain itu, pengguna juga bisa melakukan setting manual pada fokus lensa, suhu (white balance) serta eksposure.

Menjajal Video Pro di Samsung Note 9

Untuk pengaturan ukuran sendiri, pengguna memiliki 3 pilihan yakni standar video (16:9), standar Instagram (1:1) dan ukuran penuh sesuai layar Note 9 yakni (18,5:9).

Pada settingan 16:9, pengguna ditawarkan settingan hingga ultra HD (UHD) dengan ukuran 3840x2160 dengan kecepatan frame hingga 60 frame per detik (fps) untuk kamera utama. Dengan demikian, pada Video Pro bisa menghandle pengambilan manual 4K dengan kecepatan 60fps. Sementara untuk kamera depan, ukuran video bisa mencapai QHD (2560x1440).

Tak hanya fitur Video Pro, juga ada update lain pada sistem kamera Note 9 tersebut. Misalnya food, AR Zone, Wide Selfie, serta Single Take.

Samsung Note 9 memiliki keunikan tersendiri bagi content creator video. Pasalnya, perangkat ini masih memiliki jack 3,5mm yang diperlukan untuk slot microphone eksternal. Dengan demikian, pengguna bisa melakukan pengambilan video sambil melakukan charging pada perangkat tersebut.

Kamera utama, meski hanya sistem dual lensa dengan resolusi masing-masing 12 megapiksel (mpx) dengan ukuran sensor 1/2,55 inci dan 1/3,4 inci yang masing-masing telah dilengkapi dengan OIS (stabiliser).

Menjajal Video Pro di Samsung Note 9

Kendati, tampilan tatap muka (user interface/UI) pada Video Pro tidak ditampilkan semua, jika dibandingkan dengan Filmic Pro. Meskipun, pengguna tetap bisa menggunakan kontrol manual fokus sembari melakukan take video sehingga pengguna lebih leluasa untuk berkreasi. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya?

Menjajal Video Pro di Samsung Note 9

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper