Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hayabusa Bawa Sampel Asteroid Mendarat di Bumi Desember 2020

Badan Antariksa Jepang (Japan Aerospace Exploration Agency/JAXA) mengungkapkan bahwa pihaknya bersama dengan Badan Antariksa Australia (The Australian Space Agency) tengah fokus bekerjasama pada misi kepulangan sampel asteroid pada Hayabusa 2.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  13:54 WIB
Pesawat ruang angkasa Jepang, Hayabusa 2 - JAXA
Pesawat ruang angkasa Jepang, Hayabusa 2 - JAXA

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat ruang angkasa Jepang, Hayabusa 2, kini tengah dalam perjalanan menuju Bumi setelah mengambil sampel pada asteroid Ryugu. Hayabusa 2 diperkirakan akan mendarat di Bumi pada 6 Desember 2020.

Dalam sebuah pernyataan bersama, Badan Antariksa Jepang (Japan Aerospace Exploration Agency/JAXA) mengungkapkan bahwa pihaknya bersama dengan Badan Antariksa Australia (The Australian Space Agency) tengah fokus bekerjasama pada misi kepulangan sampel asteroid pada Hayabusa 2.

Pernyataan bersama tertanda Presiden JAXA Yamakawa Hiroshi dan Head Austalian Space Agency Megan Clark mengungkapkan bahwa kapsul berisi sampel asteroid itu akan mendarat di Woomera, Australia Selatan.

Kedua badan tersebut tengah bekerjasama untuk rencana masuk kembali yang aman dan pemulihan kapsul yang mengandung sampel asteroid.

“JAXA mengindikasikan bahwa 6 Desember 2020 (waktu Australia / Jepang) adalah tanggal target yang direncanakan untuk masuk dan pemulihan kapsul,” tulis pernyataan bersama tersebut, Selasa (14/7/2020).

Kedua badan tersebut bekerja melalui aplikasi JAXA untuk Otorisasi Pengembalian Benda Luar Angkasa yang Diluncurkan di Luar Negeri (Authorisation of Return of Overseas Launched Space Object /AROLSO), yang perlu disetujui berdasarkan Space Activities Act (1998).

Hayabusa 2 mengumpulkan sampel pada tahun lalu dari asteroid Ryugu selebar 3.000 kaki (900 meter) yang berada di dekat Bumi. Hayabusa 2 diluncurkan pada Desember 2014 dan tiba di Ryugu pada Juni 2018.

Hayabusa 2 mengerahkan banyak miniprobe ke permukaan asteroid dan mengambil sampel Ryugu dengan berbagai cara. Pada 2019, Hayabusa 2 membuat jalannya sendiri ke permukaan Ryugu sebanyak 2x.

Hayabusa 2 mengambil beberapa sampel pada permukaan Ryugu. Pada Juli 2019, sebuah probe mengambil sampel di bawah permukaan Ryugu, usai permukaan asteroid itu dihantam oleh peluru tembaga yang diluncurkan Hayabusa 2 pada April 2019. Hayabusa2 meninggalkan Ryugu pada November 2019 dan memulai perjalanan kembali ke Bumi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asteroid satelit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top