Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Android 10 Diinstal di 100 Juta Perangkat dalam 5 Bulan

Google mengumumkan bahwa Android 10 yang tak lain adalah versi teranyar dari sistem operasi berlogo robot hijau itu mencatatkan tingkat adopsi tercepat dari versi lainnya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 10 Juli 2020  |  08:32 WIB
Ilustrasi Android
Ilustrasi Android

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya Google mendorong berbagai pabrikan memperbarui perangkat tua besutan mereka ke Android versi terbaru nampaknya membuahkan hasil.

Google mengumumkan bahwa Android 10 yang tak lain adalah versi teranyar dari sistem operasi berlogo robot hijau itu mencatatkan tingkat adopsi tercepat dari versi lainnya.

Melansir The Verge pada Jumat (10/07/2020), Google mencatat Android 10 diinstal pada 100 juta perangkat lima bulan setelah diluncurkan pada September 2019 atau 28 persen lebih cepat dari yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tonggak sejarah yang serupa untuk Android Pie.

Hal tersebut menjadi sebuah penghargaan atas perbaikan yang telah dilakukan perusahaan selama bertahun-tahun, seperti Project Treble Android Oreo dan Project 10line Android 10, yang memudahkan perusahaan perangkat keras untuk membuat pembaruan baru.

Walaupun demikian, di sisi lain Google ternyata menghilangkan beberapa informasi penting, seperti berapa persen perangkat Android yang menjalankan Android 10. Sepertinya angka tersebut lebih rendah dari yang diinginkan Google.

Faktanya, Google telah secara efektif berhenti mempublikasikan persentase kerusakan dari perangkat Android mana yang menjalankan versi Android sepenuhnya, menyusul pengumuman serupa Agustus lalu yang melihat kembali pada tingkat adopsi Android 9 Pie.

Sebagai catatan, pada saat itu Android Pie telah diinstal pada 22,6 persen perangkat Android sebelum rilis Android 10.

Angka-angka itu juga pucat dibandingkan dengan Apple, yang saat ini memiliki 81 persen dari semua perangkat iOS pada iOS 13 terbaru, sebuah keuntungan yang dibantu oleh kontrol total Apple terhadap perangkat keras dan perangkat lunak, bersama dengan perangkat yang secara drastis lebih sedikit yang perlu didukung oleh Apple dibandingkan dengan Apple. banyaknya ponsel Android.

Tetap saja, Google membuat kemajuan yang baik, dan semoga akan berhasil melanjutkan tren dengan Android 11 saat diluncurkan akhir tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google google android android
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top