Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kurir Uber Eats menyiapkan makanan yang akan diantar ke pelanggan di luar sebuah restoran Mainichi Yakuzaen Soup Plus di Tokyo, Jepang, Selasa (21/4/2020). - Bloomberg/Kiyoshi Ota
Premium

Menanti Hasil Perkawinan Uber Eats dan Postmates

07 Juli 2020 | 18:32 WIB
Setelah batal mengakuisisi Grubhub, Uber akhirnya mengambil alih Postmates dengan harapan mampu memperbesar pangsa pasar lini jasa pesan antar makanan mereka. Apakah harapan ini dapat terealisasi?

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah diwarnai tarik ulur dan beragam spekulasi, perusahaan layanan transportasi berbasis teknologi Uber Technologies Inc. mengumumkan akuisisi terhadap Postmates, Senin (6/7/2020).

Akuisisi itu, kata CEO Uber Dara Khosrowshahi, disepakati berada di angka US$2,65 miliar.

“Kami selalu kagum pada Postmates, saya rasa, terlepas bahwa mereka adalah pesaing ketat kami. Mereka dapat menguasai beberapa ceruk pasar penting meski punya basis modal lebih kecil ketimbang para kompetitornya, termasuk perusahaan kami,” paparnya dalam konferensi pers, seperti dilansir Marketwatch, Senin (6/7).

Seperti disampaikan Khosrowshahi, Postmates memang salah satu pesaing Uber. Lebih tepatnya rival untuk Uber Eats, jasa pesan antar makanan di perusahaan asal San Francisco, AS tersebut.

Riset yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Second Measure menyebutkan saat ini, pangsa pasar dalam jasa pesan antar makanan daring di AS berkisar 8 persen. Data Statista menunjukkan marketshare tersebut sudah tercapai setidaknya sejak 2018.

Dengan akuisisi ini, Uber tidak saja akan mengeliminasi satu rivalnya, tapi juga meningkatkan daya cengkeram mereka. Perusahaan tersebut sebelumnya menguasai 24 persen pasar AS lewat Uber Eats. Artinya, kini porsi yang dikuasai Uber Eats meningkat jadi 32 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top