Mekanisme 5G, Operator Tunggu Regulasi Pemerintah

Akbar Evandio
Kamis, 2 Juli 2020 | 21:28 WIB
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para operator selular masih menunggu mekanisme regulasi dari pemerintah terkait implementasi jaringan 5G.

Hal ini disampaikan sejumlah pimpinan perusahaan telekomunikasi di Indonesia terlibat dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Umum Panitia Kerja (Panja) Pengawasan terhadap Informasi and Information Communication Technology (ICT).

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk menerapkan 5G dan sembari menunggu keputusan pemerintah. Sejauh ini, pihaknya terus melakukan uji coba terhadap adaptasi dari jaringan tersebut.

“Untuk 5G, telkomsel selalu siap untuk berinvestasi  kearah 5G. Kami saat ini sudah melakukan berbagai macam percobaan dan [kendalanya] memang spektrumnya masih belum ada dan ditentukan oleh pemerintah, sehingga yang bisa kami lakukan saat ini adalah melakukan uji coba, piloting small trial, prinsipnya kami siap untuk melakukan investasinya,” ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis, (2/7/2020).

Senada, Direktur Utama Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama pun mengungkapkan bahwa beberapa pelanggannya bahkan sudah mengadaptasi jaringan tersebut.

“Betul kami sudah melakukan percobaan dan beberapa pelanggan kami sebenarnya juga sudah 5G enable, sebenarnya kami tinggal menunggu bagaimana mekanisme untuk penyiapan dari sisi regulatori,” jelasnya.

Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini juga menambahkan pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang untuk mengadaptasi 5G. Menurutnya, pandemi seharusnya dapat menjadi katalis untuk menggelar jaringan tersebut.

“Karena [5G] ini memberikan kapasitas dan juga kecepatan internet [yang dibutuhkan saat ini]. Namun, kami memang masih menunggu alokasi spectrum yang bisa digunakan untuk 5G dari pemerintah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper