Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar Jadi Masinis Lewat Indonesian Train Simulator

Indonesian Train Simulator adalah gim simulasi kereta api yang dikembangkan oleh Highbrow Interactive. Gim ini bukanlah gim baru, akan tetapi belum lama ini terdapat pembaruan yang membuat gim ini makin nyata.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  07:11 WIB
Gim Train Simulator - istimewa
Gim Train Simulator - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda pernah bercita-cita menjadi seorang masinis kereta api? Jika demikian tak ada salahnya mencoba gim simulasi yang satu ini. Gim ini mengajak Anda menjelajahi sejumlah kota di Jawa menggunakan kereta api.

Indonesian Train Simulator adalah gim simulasi kereta api yang dikembangkan oleh Highbrow Interactive. Gim ini bukanlah gim baru, akan tetapi belum lama ini terdapat pembaruan yang membuat gim ini makin nyata.

Pembaruan tersebut meliputi suara lokomotif dan sistem persinyalan yang dibuat menyerupai aslinya. Suasana stasiun yang dibuat seperti aslinya dengan pengumuman berbahasa Indonesia, penambahan sudut pandang kamera, dan manajemen waktu perjalanan yang lebih baik.

Setelah adanya pembaruan, pemain juga diberikan opsi untuk mengubah satuan kecepatan dari kilometer per jam menjadi mil per jam atau sebaliknya. Kualitas grafis juga mengalami peningkatan.

Untuk memainkan Indonesian Train Simulator, Anda terlebih dahulu harus memasang Google Play Games dan masuk menggunakan Google Account yang dimiliki.

Setelah itu, Anda harus mengikuti mode latihan atau training dengan membawa 10 rangkaian kereta berbeda dari Stasiun Gambir ke Stasiun Karawang. Demikian halnya lokomotif yang digunakan, berbeda-beda dengan karakteristik masing-masing.

Namun yang jelas, lokomotif berjenis CC201 menjadi lokomotif yang paling menantang. Pasalnya, pandangan ke depan cukup sempit lantaran hanya mengandalkan kaca kecil di bagian ujung kanan dan kirinya.

Hal tersebut juga berlaku ketika posisi hidung panjang atau mesin lokomotif membelakangi kabin masinis. Tidak hanya pada lokomotif CC201 saja, tetapi juga lokomotif CC203 dan CC204.

Permainan dimulai ketika Anda diminta masuk ke dalam kabin masinis di stasiun keberangkatan dan menyalakan mesin lokomotif. Sebelum menarik throttle atau tuas pengaturan tenaga untuk menjalankan rangkaian kereta pastikan bahwa lampu sinyal sudah berubah dari merah menjadi hijau.

Jangan lupa pula tekan tombol klakson untuk memberikan semboyan bahwa kereta diberangkatkan. Khusus untuk rangkaian kereta penumpang, pastikan seluruh pintu kereta sudah tertutup rapat.

Ketika rangkaian kereta sudah berjalan, tetap perhatikan lampu persinyalan dan rambu-rambu batas kecepatan. Jangan lewati batas tersebut, namun juga jangan terlalu pelan karena Anda juga diberikan batasan waktu.

Untuk mengatur kecepatan atau menghentikan laju kereta secara perlahan, mainkan throttle dengan menaik-turunkannya. Makin tinggi posisi throttle, kecepatan tentunya makin tinggi begitupun sebaliknya.

Terdapat pula rem darurat untuk digunakan ketika di depan Anda terlihat rintangan atau gangguan yang jaraknya sangat dekat. Tetapi ingat, jangan pernah gunakan rem ini untuk berhenti di stasiun karena akan mengurangi penilaian Anda.

Ketika baru bermain Anda mungkin akan kebingungan bagaimana menghentikan rangkaian kereta tepat di titik yang ditentukan. Sebenarnya tak terlalu sulit, perhatikan peringatan jarak dan mulailah mengurangi kecepatan sekitar 1 km jelang masuk stasiun. Sedikit demi sedikit turunkan throttle dan habiskan ketika sudah memasuki titik pemberhentian.

Indonesian Train Simulator dapat diunduh secara cuma-cuma. Tidak ada opsi berbayar untuk gim ini. Alhasil, Anda mau tidak mau harus menemui sejumlah iklan di dalam gim, khususnya saat proses loading.

Bagi Anda yang sekadar ingin merasakan sedikit bagaimana menjadi masinis di Indonesia di waktu senggang gim ini mungkin bisa jadi pilihan. Namun, bagi Anda yang ingin mempelajari bagaimana sistem persinyalan dan pengaturan perjalanan kereta api, gim ini tidak bisa dijadikan referensi.

Sistem persinyalan yang digunakan pada gim ini walaupun sudah diperbarui masih belum sepenuhnya mengikuti aslinya. Demikian halnya dengan jarak dan waktu tempuh yang harus dilalui.

Mungkin Anda bisa memilih serial gim Train Simulator besutan Dovertail Games untuk dimainkan di perangkat komputer.  Kemudian ada juga serial gim Densha de Go yang mengajak Anda menjadi masinis kereta api di Jepang dengan jalur dan jenis layanan berbeda, mulai dari kereta komuter reguler, kereta ekspres, hingga kereta cepat Shinkansen.

 Serial gim besutan Taito itu tersedia untuk berbagai macam konsol gim. Jika Anda ingin memainkannya di ponsel Android, cukup siapkan emulator PlayStation Portable (PSP) dan unduh file ISO dari gim tersebut.

Sebelum bermain, ada baiknya Anda belajar sedikit Bahasa Jepang karena gim tersebut sepenuhnya menggunakan Bahasa Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api game
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top