Badan Antariksa Inggris Selenggarakan Kompetisi Desain Roket Ruang Angkasa

Lukas Hendra TM
Selasa, 16 Juni 2020 | 10:52 WIB
National Physical Laboratory
National Physical Laboratory
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - National Physical Laboratory (NPL) Inggris bekerja sama dengan UK Space Agency mengumumkan kompetisi pada tiga bidang yang berkaitan dengan ruang angkasa yang akan dilaksanakan pada 16-30 Juni 2020.

Dalam laman resmi pemerintah Inggris mengungkapkan bahwa kompetisi tersebut akan memberi peserta kesempatan untuk merancang roket ruang angkasa mereka sendiri, membuat roket di rumah dan belajar lebih banyak tentang sektor ruang angkasa Inggris.

Akan ada tiga kompetisi yang terbuka untuk segala usia, yakni kompetisi desain roket ruang angkasa (space rocket design), tantangan video peluncuran dan landing roket dari rumah (Launch and Land challenge) dan kuis ruang angkasa (space quiz).

Entri diterima dari individu, tim, keluarga, sekolah - siapa pun yang dapat memperluas imajinasi mereka hingga tak terbatas dan seterusnya. Para ahli di NPL dan Badan Antariksa Inggris akan menilai semua entri dan hadiah, termasuk model desain roket pemenang-cetak 3D dan tur ke fasilitas Reaction Engines, British Aerospace Manufactur yang berlokasi di Oxfordshire.

Professor Richard Crowther, Chief Engineer UK Space Agency mengatakan Inggris telah kali ini ambisi Inggris adalah menjadi tujuan peluncuran satelit kecil terkemuka di Eropa.

“Kami berharap dapat melihat kreativitas dan imajinasi para insinyur muda ini. Mungkin suatu hari mereka bisa merancang roket yang kita lihat diluncurkan dari ruang angkasa Inggris, mendorong kita ke era baru eksplorasi ruang angkasa,” katanya seperti dikutip dari laman resmi pemerintah Inggris gov.uk, Senin (15/6/2020).

Sebagai bagian dari National Measurement Institute Inggris, NPL mengakui pentingnya mempromosikan kegiatan ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa desain dan matimatika (STEM) untuk menginspirasi generasi berikutnya.

Sementara itu, UK Space Agency mendukung kegiatan berbasis STEM yang menangani kebutuhan keterampilan sektor luar angkasa dan untuk meningkatkan kesadaran tentang program luar angkasa Inggris dan mata pelajaran STEM secara umum.

Andrew Hanson, Outreach Manager NPL mengungkapkan pihaknya telah menjalankan NPL Water Rockets selama lebih dari 20 tahun, dan pada tahun 2020 sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan UK Space Agency dengan beberapa putaran baru untuk melibatkan khalayak luas yang membawa rekayasa kreatif ke luar angkasa.

“Aktivitas penjangkauan NPL, sambil menawarkan cara yang menyenangkan dan menarik untuk berinteraksi dengan STEM, juga merupakan kunci untuk meningkatkan pentingnya pendidikan STEM dan relevansi ilmu pengukuran untuk kehidupan kita sehari-hari,” katanya.

Hanya saja, dengan adanya pembatasan social (social distancing) yang dihadapi oleh semua orang dalam beberapa bulan terakhir berarti NPL tidak dapat menjalankan Water Rocket Challenge ke-21 dalam format biasa.

Oleh karena itu, NPL mengubahnya menjadi acara berbasis virtual. NPL berharap para peserta masih bisa bersenang-senang, belajar tentang sains dan sektor luar angkasa Inggris dan bersaing untuk memenangkan hadiah besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper