Opensignal: Kecepatan 4G Indonesia Menuju Normal

Akbar Evandio
Selasa, 16 Juni 2020 | 22:40 WIB
4G
4G
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan analisis pemetaan cakupan nirkabel, Opensignal melihat bahwa pandemi COVID-19 memengaruhi pengalaman jaringan seluler pengguna di seluruh dunia.

Menurut laporan tersebut secara rata-rata global sepanjang pandemi COVID-19, lamanya waktu pengguna perangkat mobile seperti smartphone terkoneksi ke internet melalui Wi-Fi mengalami peningkatan.

“Sejak awal Mei kami telah mengamati kecepatan ponsel perlahan-lahan meningkat ke tingkat pra-penguncian di banyak negara --seperti Italia, Malaysia dan Qatar-- di mana kecepatan unduhan 4G sebelumnya turun pada bulan Maret,” tulis laporan tersebut, seperti dikutip oleh Bisnis, Selasa, (16/6).

Sementara itu, Dari beberapa negara di Asia Pasifik, Hongkong yang mengalami peningkatan tertinggi untuk lamanya waktu pengguna perangkat mobile menggunakan Wi-Fi selama pandemi COVID-19

“Hong Kong adalah negara pertama di mana kami melihat peningkatan waktu penggunaan Wifi yang signifikan. Pengguna kami di Hong Kong masih terhubung ke jaringan Wifi lebih sering dibandingkan dengan tingkat pra-pandemi awal Januari ketika mereka menghabiskan 55% dari waktu yang terhubung ke jaringan Wifi,” tulisnya.

Namun, untuk Indonesia, dua minggu terakhir pencatatan justru menunjukkan peningkatan dibandingkan sebelumnya, yaitu antara 6% dan 15%. Bahkan, bisa dibilang trennya cenderung meningkat.

Opensignal pun mencatatkan bahwa secara rata-rata global kecepatan unduh melalui jaringan seluler 4G mengalami penurunan pada masa yang sama.

Namun, beberapa minggu terakhir pencatatan, secara rata-rata global, lamanya waktu pengguna perangkat mobile terkoneksi ke internet melalui Wi-Fi telah mengalami penurunan dibandingkan minggu-minggu sebelumnya.

Untuk Asia Pasifik, secara rata-rata penurunannya sudah kurang dari 10% pada dua minggu terakhir pencatatan. Dengan kata lain, secara rata-rata, kecepatan unduh jaringan seluler 4G di berbagai negara di Asia Pasifik sudah menuju normal alias menuju seperti sebelum pandemi COVID-19.

Sementara itu, untuk Indonesia, kecepatan unduh jaringan seluler 4G-nya mulai memasuki fase normal pada dua minggu terakhir, di mana laporan tersebut menunjukan bahwa kecepatan unduh sudah kurang dari 5% penurunannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper