Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Genjot Pengadopsian AI, VMware Rilis Fitur Baru

VMware, Inc., meluncurkkan VMware vSphere Bitfusion yang terintegrasi dengan VMware vSphere 7 untuk memaksimalkan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 08 Juni 2020  |  14:35 WIB
ilustrasi. - VMWare
ilustrasi. - VMWare

Bisnis.com, JAKARTA - VMware, Inc., perusahaan pengembang perangkat lunak asal Amerika Serikat, meluncurkan fitur anyar VMware vSphere Bitfusion yang terintegrasi dengan VMware vSphere 7 guna mengakselerasi adopsi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Seperti dikutip dari siaran persnya, Senin (8/6/2020), terintegrasinya Bitfusion Technology ke dalam VMware vSphere 7, membuat perusahaan yang menggunakan fitur tersebut dapat merasakan dukungan infrastruktur yang elastis secara on-demand.

Hal tersebut tidak terlepas dari mulai diliriknya pemanfaatan sejumlah teknologi mutakhir, seperti AI dan machine learning (ML) untuk mendukung efisiensi operasional perusahaan dan mempercepat inovasi bisnis serta sebagai bentuk kapitalisasi dari peluang-peluang baru oleh perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara.

Sebagai informasi, Asia Tenggara sebagai salah satu pusat rintisan teknologi dan merupakan pasar dagang elektronik paling dinamis, dan memiliki angka pertumbuhan ekosistem inovasi sebagai penyangga pertumbuhan ekonomi digital, yang diperkirakan mencapai US$300 miliar di tahun 2025.

Hadirnya kapabilitas baru usai diintegrasikannya Bitfusion, VMware vSphere 7, akan mendukung perusahaan dalam menyatukan sumber-sumber GPU di server dan beragam pemakaian lainnya di dalam lingkungan pusat data (data center).

Dengan demikian, perusahaan dapat membagi pemakaian Graphics Procession Unit (GPU) secara bersama-sama dengan cepat dan efisien di seluruh jaringan, dari tim riset AI, saintis data, hingga pengembang teknologi ML yang membutuhkan atau tengah mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis AI/ML.

Arsitektur VMware vSphere 7 yang dirilis pada April 2020 lalu kini telah disusun ulang menjadi platform terbuka menggunakan Kubernetes guna menghadirkan pengalaman layaknya cloud bagi pengembang maupun operator.

Fitur Bitfusion pada VMware vSphere 7 mengoptimalkan pendayagunaan GPU dalam menjalankan aplikasi di mesin-mesin virtual maupun kontainer Bitfusion. Fitur ini bisa dioperasikan di lingkungan Kubernetes seperti di VMware Tanzu Kubernetes Grid dan bisa dijalankan berdampingan saat pelanggan menggelar aplikasi-aplikasi AI/ML.

Selain itu, fitur Bitfusion yang ada di VMware vSphere bisa diunduh ke infrastruktur yang ada sekarang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud computing kecerdasan buatan (AI) artificial intelligence
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top