Bantu Guru di Daerah Saat Pandemi, Zenius Luncurkan Program "Zenius untuk Guru"

Rahmad Fauzan
Sabtu, 2 Mei 2020 | 22:38 WIB
Ilustrasi/timeshighereducation
Ilustrasi/timeshighereducation
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi bidang pendidikan, Zenius, meluncurkan program ‘Zenius untuk Guru’ yang didedikasikan membantu para guru menjalankan perannya sebagai garda pendidikan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Chief of Teachers Initiatives PT Zenius Education Amanda Witdarmono mengatakan pihaknya mencoba memfasilitasi para guru, terutama yang berada di daerah agar dapat lebih fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran (pedagogi) jarak jauh dan mencoba memberikan jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses.

"Beberapa inisiatif telah kami lakukan dan ke depannya akan terus kami tingkatkan demi mewujudkan Indonesia Tetap Belajar," ujar Amanda dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (2/5/2020).

Dia melanjutkan, saat kebijakan pembelajaran jarak jauh dicanangkan pemerintah, Zenius membentuk forum komunitas guru, dalam Grup Facebook dan Telegram yang kini memiliki 390 orang anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Para guru dibebaskan bertanya, berbagi mengenai kesulitan yang mereka dapati, dan berdiskusi dengan tim Zenius. Platform ini juga memfasilitasi agar sesama guru dapat memberikan dukungan sosial-emosional satu sama lain, untuk menghadapi tekanan ekstra yang diberikan pada mereka untuk menyampaikan pembelajaran di saat krisis sambil tetap mendukung kebutuhan emosional siswa.

Selain itu, setiap pekan, Zenius mengadakan sesi live sharing tanya jawab interaktif untuk guru melalui akun YouTube Zenius dan live chat. Akses untuk bergabung dalam komunitas guru ini bersifat terbuka dan gratis.

Sesi tersebut membahas berbagai hal termasuk pelatihan mendasar membuat materi, menyusun jadwal, dan panduan menggunakan platform Zenius, yang masih gratis akses dan kuota jika memakai provider Telkomsel, XL, Tri, dan IM3. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper