Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gandeng Startup Amerika, Telkomsel Perkuat Solusi IoT Manajemen Aset

PT Telekomunikasi Selular berkolaborasi dengan Roambee untuk menciptakan solusi manajemen aset berbasis internet untuk segala (IoT)
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 April 2020  |  20:28 WIB
ilustrasi. - Telkomsel
ilustrasi. - Telkomsel

Bisnis.com, BANDUNG - PT Telekomunikasi Selular memperkenalkan Asset Performance Management, suatu solusi end-to-end berbasis internet untuk segala (internet of things/IoT) yang dapat digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk atau aset perusahaan seperti suhu, kelembapan, dan tekanan udara secara real-time.

Solusi IoT Asset Performance Management dapat mendigitalisasi sistem pemantauan aset perusahaan dengan memberikan informasi kondisi aset yang real-time. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional, kesalahan dari sisi human error, serta memastikan kualitas produknya terjaga. 

Solusi Asset Performance Management juga dapat diimplementasikan  pada berbagai industri, seperti industri makanan dan minuman, fast-moving consumer goods (FMCG), farmasi, logistik dan manufaktur yang implementasinya digunakan untuk cold chain monitoring, inventory management, dan shipment monitoring.

Kehadiran layanan Asset Performance Management merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Roambee, yaitu perusahaan rintisan (startup) penyedia layanan pemantauan aset berbasis end-to-end IoT asal Sillicon Valley, Amerika Serikat, Roambee sendiri juga merupakan perusahaan rintisan asing yang belum lama ini menerima dana investasi dari Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) selaku unit ventura Telkomsel. 

Salah satu peran Roambee adalah penyediaan Smart Gateway (sensor yang terhubung langsung pada cloud) dan Smart Beacon (terhubung dengan Smart Gateway dan dapat ditempatkan di aset bergerak dan tak bergerak) sebagai IoT Sensors pada Asset Performance Management.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan bahwa pengelolaan aset merupakan hal yang sangat krusial bagi sebuah bisnis. 

Oleh karena itu, solusi terbaru ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan produktivitas, dan ketika diimplementasikan secara nasional, solusi ini akan mampu memperkuat daya saing bangsa. 

“Sebagai roadmap implementasi  agenda nasional Making Indonesia 4.0, transformasi di bidang digital sangat diperlukan agar kita dapat mengakselerasikan Revolusi Industri 4.0. Telkomsel berkomitmen untuk mendukung revolusi industri keempat melalui penerapan teknologi IoT di berbagai industri,” kata Setyanto dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (27/4).

Sementara itu, CEO Roambee, Sanjay Sharma mengatakan bahwa kolaborasi Roambee bersama Telkomsel mempertegas komitmen perseroan dalam mengakselerasikan ketepatan teknologi untuk memantau jalur distribusi. 

Melalui kolaborasi dengan mitra dan penanam modal yang inovatif seperti Telkomsel, Roambee yakin dapat terus menghadirkan berbagai produk intelijen unggulan dan solusi pemantau aset untuk industri dan perusahaan logistik di seluruh dunia. 

“Kami merasa senang dapat turut serta di negara yang sangat cepat berkembang seperti Indonesia dan berbagai negara di Asia Tenggara,” kata Sanjay.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel StartUp Internet of Things
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top