Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wah! Ada Celah Keamanan di Aplikasi E-Mail Apple

Apple Inc. pun langsung merespons dengan berencana merilis patch tambahan untuk menutup celah tersebut.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 23 April 2020  |  10:39 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg -  Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan keamanan siber, ZecOps Inc., menemukan celah keamanan yang berpotensi membuat peretas mengakses serta mengeksploitasi iPhone milik penggunanya.

Apple Inc. pun langsung merespons dengan berencana merilis patch tambahan untuk menutup celah tersebut.

ZecOps yang berbasis di San Francisco menemukan dua "kerentanan yang dapat dieksploitasi" di aplikasi email Apple dan memberi tahu perusahaan, yang merilis pembaruan beta bulan ini. Apple mengonfirmasi bahwa update lengkap akan dilakukan untuk memperbaiki bug tersebut.

Pendiri dan CEO ZecOps, Zuk Avraham mengatakan celah tersebutdapat dieksploitasi ketika email yang dibuat secara khusus dibuka pada aplikasi e-mail oleh iPhone atau iPad.

Menurut  laporan ZecOps yang dirilis pada Rabu (22/4/2020), perusahaan sangat yakit bahwa kerentanan tersebut mungkin telah digunakan dalam serangan siber. Di antara para korban adalah orang-orang dari organisasi Fortune 500 di Amerika Utara dan seorang eksekutif dari perusahaan penerbangan di Jepang, serta seorang jurnalis di Eropa.

Celah tersebut mungkin telah dieksploitasi oleh penyerang sejak Januari 2018, menurut ZecOps, yang mengungkapkan kepada publik ketika Apple mengeluarkan pembaruan beta.

ZecOps memprediksi para penyerang akan menggunakan waktu sebelum patch penuh tersedia untuk menyerang perangkat sebanyak mungkin.

“Pengguna dapat melindungi diri mereka sendiri dengan menerapkan patch beta, atau menghindari aplikasi e-mail dan untuk sementara beralih ke alternatif yang tidak rentan terhadap bug,” kata ZecOps dalam laporan tersebut, seperti dikutip Bloomberg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple inc keamanan siber

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top