Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Menggunakan Google Duo, Alternatif Rapat Online Selain Zoom

Google mengumumkan meningkatkan kemampuan Google Duo menjadi 12 orang dalam satu kali percakapan panggilan video.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  12:45 WIB
Google Duo - Istimewa
Google Duo - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa teknologi Google mengumumkan meningkatkan jumlah peserta yang dapat berpartisipasi dalam rapat daring melalui Google Duo. Peningkatan kapasitas peserta percakapan online ini sebagai bentuk dukungan meningkatnya aktifitas berkerja dari rumah (work from home/WFH) di sejumlah negara akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Dalam twitter pribadinya, Direktur Senior Google untuk layanan pesan, Duo dan panggilan Sanaz Ahari Lemelson menyebutkan kapasitas peserta dalam percakapan grup panggilan meningkat menjadi 12 orang.

"Kami menyadari [percakapan melalui] grup panggilan sangat penting saat ini [di tengah WFH]," kicau Lemelson yang dikutip, Minggu (29/3/2020).

Peningkatan kapasitas peserta grup panggilan oleh Google ini dapat menjadi alternatif dari layanan Zoom yang tengah naik daun. Meski begitu, layanan rapat online ini yang disorot karena tindakan perusahaan yang mengumpulkan data pengguna.

Google Duo sendiri awalnya merupakan aplikasi panggilan berbasis video (video call) yang ditujukan untuk aplikasi Android dan IoS. Namun dalam perkembangannya, Google Duo juga dapat digunakan di komputer yang tersambung kamera. Layanan ini diklaim memiliki keberhasilan percakapan telepon video lebih tinggi dibandingkan layanan sejenis. Namun duo tidak berbasis akun Google. Layanan ini menggunakan nomer telepon seluler sebagai pengenal. Panggilan hanya dapat dilakukan kepada sesama peserta yang telah mendaftarkan nomor telepon genggamnya di duo.

Google Duo juga memiliki fitur knocks-knocks. Layanan ini memungkinkan penerima telepon melihat siapa yang melakukan panggilan terlebih dahulu Meski begitu disebutkan fitur ini berfungsi jika pihak yang menelepon terdaftar dalam kontak.

 

Lalu bagaimana menggunakan Google Duo di laptop, komputer, Android atau Iphone, berikut rangkaian cara penggunaannya:

1 dari 4 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google video videostreaming
Editor : Anggara Pernando

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top