Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Trik Joko Anwar Bikin Film Pendek Menggunakan Smartphone

Mmebuat film kini tak lagi harus terpaku menggunakan segundang peralatan dan terkesan rumit. Perkembangan teknologi membuat ponsel pun bisa menjadi medium pembuatan film.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 09 Maret 2020  |  12:05 WIB
Sutradara Joko Anwar mengangkat piala citra dalam Malam Puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2015, di Banten, Senin (23/11). - Antara
Sutradara Joko Anwar mengangkat piala citra dalam Malam Puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2015, di Banten, Senin (23/11). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu platform milik Samsung Electronics, yakni Galaxy Movie Studio, belum lama menyelenggarakan offline class yang keduanya. Acara itu digelar bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy S20 Series pekan lalu di Jakarta.

Melibatkan sutradara kondang Joko Anwar, platform yang mendukung dan meningkatkan kemampuan pengguna dari membuat konten video biasa menjadi seperti film tersebut membeberkan cara membuat film pendek dengan menggunakan ponsel pintar.

Joko mengatakan Galaxy Movie Studio dapat membantu pengguna memaksimalkan Samsung Galaxy untuk membuat film pertama, salah satunya dengan menggunakan Galaxy S20 dengan fitur-fitur yang terdiri atas Single Shot, Ultrawide, Perekaman 8K Video, Live Focus dan Super Steady 2.0 untuk memaksimalkan pengambilan sejumlah footage.

"Melalui offline class ini pula, kami dapat memiliki kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para movie enthusiast serta berbagi tips dan trik untuk membuat film berkualitas,” ujar Joko Anwar pekan lalu.

Berikut adalah beberapa tips and trik teknik Visual Storytelling untuk mempertajam visual film yang diajarkan oleh Joko dalam offline class Galaxy Movie Studio:

• Pahami skenario dan kuasai director treatment agar dapat mengkomunikasikan skenario dalam bentuk visual yang konkret kepada semua kru yang terlibat.

• Jangan takut untuk bereksplorasi dan mencoba beragam angle Kamera dan camera movement untuk menemukan  gaya film. Selain itu maksimalkan pengunaan fitur Live Focus, Ultrawide, Super Steady 2.0 dan dan berkreasi untuk menuntukan gaya film yag aka diibuat.

• Pahami kapan harus menggunakan blast shot (pembelahan shoot) agar memudahkan untuk membelah setiap adegan yang ada dan menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Adobe Rush di PlayStore untuk memudahkan proses editing dari smartphone.

• Gunakan fitur-fitur pada smartphone untuk menciptakan efek dramatis untuk memperkaya footage.

• Dalam proses editing dan menentukan feel, tone, pemilihan warna dan elemen-elemen lainnya, jangan cepat puas dan harus lebh berani mengeksplorasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film samsung galaxy film pendek joko anwar
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top