Mengintip Nasib iPhone 9 usai Wabah Virus Corona

Wabah virus corona yang melanda China, diperkirakan menjadi salah satu penyebab tertundanya penjualan dan peluncuran produk tersebut tahun ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  12:19 WIB
Mengintip Nasib iPhone 9 usai Wabah Virus Corona
Suasana gerai Apple di Tokyo, Jepang saat pelanggan membeli iPhone XS Max dan XS Jumat (21/9/2018). - Reuters/Issei Kato

Bisnis.com, JAKARTA – Wabah virus corona yang melanda sejumlah wilayah di China, membuat rilis gawai terbaru Apple yakni iPhone 9 harus tertunda.

Dikutip dari Antara, Senin (24/2/2020) Apple akan merilis iPhone 9 atau disebut juga iPhone SE 2 pada Maret 2020. Namun tanggal penjualan ponsel pintar generasi lanjutan dari seri SE ini dikabarkan harus mundur dari jadwal semula.

Kabar itu merujuk pada laporan dari Nikkei, yang menyebutkan Apple berpeluang gagal memenuhi jadwal produksi sehingga tidak bisa menjual produksnya sesuai dengan tanggal peluncuran.

Apple sejauh ini tidak mengonfirmasi apakah ada produk mereka yang tertunda akibat virus corona.  Namun, demikian beberapa waktu lalu, mereka mengeluarkan pernyataan kepada para investor bahwa pendapatan mereka tidak sesuai prediksi karena wabah tersebut.

Adapun Foxconn, salah satu produsen dan pemasok komponen terbesar untuk iPhone, menutup pabrik di China karena wabah virus corona. Foxconn baru-baru ini membuka kembali pabrik, namun, produksi berjalan lambat.

Di sisi lain, Apple juga harus menutup sejumlah toko mereka di China, sementara toko yang buka, tidak bisa beroperasi penuh seperti jadwal buka normal.

Apple dikabarkan akan mengadakan acara peluncuran pada 23 atau 31 Maret. Beberapa sumber menyebutkan, selain iPhone 9 yang juga disebut dengan iPhone SE 2, Apple juga akan meluncurkan MacBook, iPad Pro, AirPods dan pengisi daya nirkabel.

Adapun, iPhone 9 atau iPhone SE 2 ini diperkirakan dibanderol dengan harga murah, yakni sekitar US$349 atau Rp4,7 juta.

Gawai  ini  didukung dengan chipset A13 yang sebelumnya juga disematkan di trio iPhone 11. Meski belum ada kabar lebih detil, ponsel ini dikabarkan akan memperbarui prosesornya.

Laporan Nikkei Asian Review menyebutkan ponsel ini akan menggunakan layar LCD sehingga biaya produksinya tetap rendah.

Selain itu, iPhone 9 disebut-sebut akan terlihat mirip seperti iPhone 8 yang dilengkapi dengan tombol home dan  touch ID (pemindai sidik jari).

iPhone 9 bakal dibekali dengan beberapa komponen seperti SoC A13 yang ada di iPhone 11, RAM sebesar 3GB, serta media penyimpanan seluas 64GB hingga 128GB.

Dia juga mengatakan iPhone 9 bakal hadir dengan tiga varian warna, yakni red, silver dan space grey.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
apple, iphone, Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top