Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pegawai Bank Indonesia (BI) menunjukkan bukti transaksi menggunakan peluncuran QR Code Indonesian Standard (QRIS) di halaman Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Bank Indonesia meluncurkan QRIS untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking dan implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020, guna memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). - ANTARA/Aprillio Akbar
Premium

Uang Elektronik Makin Menarik

06 Januari 2020 | 15:07 WIB
Nilai transaksi menggunakan uang elektronik terus menunjukkan pertumbuhan di Indonesia, didukung oleh penetrasi yang makin tinggi.

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku industri uang elektronik di Indonesia optimistis kontribusi industri dompet digital tersebut terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan naik signifikan dalam beberapa tahun ke depan.

Salah satu pelaku industri, LinkAja, bahkan memproyeksi industri uang elektronik berpotensi memberikan kontribusi hingga 8 persen terhadap PDB Indonesia pada 2023, hampir 6 kali lipat dari kontribusi saat ini, yang sebesar 1,4 persen.

Head of Corporate LinkAja Putri Dianita Ruswaldi menilai potensialnya industri uang elektronik di Indonesia tidak terlepas dari literasi keuangan digital yang kian membaik serta penetrasinya yang kian meluas.

"Dompet digital akan makin menyentuh kalangan non-urban dan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat unbanked dan underbanked untuk menikmati layanan keuangan digital akan terbuka," ujarnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Pengunjung melakukan transaksi menggunakan layanan keuangan berbasis elektronik LinkAja saat peluncuran di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (30/6/2019)./ANTARA FOTO-Aprillio Akbar

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top