XL Kejar Kecepatan Akses Internet Telkomsel, Ini Strateginya

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 17 Desember 2019 | 11:20 WIB
XL Axiata
XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usaha PT XL Axiata Tbk yang terus menggenjot Pembangunan Base Tranceiver Station (BTS) berbuah manis terhadap peningkatan kecepatan unduh-unggah. XL menempel Telkomsel dalam hal kecepatan internet. 

PT XL Axiata Tbk menempati urutan kedua dalam perhitungan kecepatan unggah yang dilakukan oleh Opensignal, dengan kecepatan unggah sebesar 4,5 Mbps. Naik 1,1 Mbps dibandingkan dengan laporan Opensignal pada Juli 2019.

Adapun, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) masih menjadi operator dengan kecepatan unggah tercepat. Telkomsel mencatat rata-rata kecepatan unggah sebesar 5,4 Mbps untuk semua jaringan (3G/4G). 

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan bahwa pertumbuhan kecepatan akses (unduh dan unggah) di jaringan XL Axiata didorong oleh usaha perseroan yang terus meningkatkan kapasitas jaringan. Kapasitas jaringan itu termasuk implementasi pembangunan jaringan serat optik untuk menggantikan jaringan kabel komunikasi berbahan tembaga yang disebut sebagai fiberisasi.

Selain fiberisasi, peningkatan kualitas jaringan juga meliputi regenerasi perangkat-perangkat BTS, misalnya dengan mengganti perangkat yang selama ini terkoneksi menggunakan gelombang mikro, dengan perangkat yang dihubungkan dengan fiber optik.

“Sampai akhir tahun ini sekitar 50 persen dari seluruh jaringan XL Axiata sudah saling terhubung dengan fiber optic dan diharapkan pada akhir tahun 2020 mendatang fiberisasi jaringan XL Axiata bisa mencapai sekitar 60%—70%,” kata Darmayusa kepada Bisnis.com, Senin (16/12/2019).

Dalam menjaga kualitas jaringan tetap sempurna, lanjut Darmayusa, perseroan memanfaatkan analisis data sebagai paduan perencanaan, penambahan dan pengoperasian jaringan.

Dengan data tersebut, perseroan dapat mengetahui wilayah–wilayah yang mengalami penurunan kualitas jaringan untuk kemudian dilakukan perbaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Hendra Wibawa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper