Indonesia Perlu Tiru China soal Blockchain

Sri Mas Sari
Jumat, 13 Desember 2019 | 18:42 WIB
Ilustrasi teknologi blockchain/Reuters
Ilustrasi teknologi blockchain/Reuters
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia perlu meniru China yang memanfaatkan teknologi blockchain sekaligus bonus demografi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
 
Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mengatakan sejumlah teknologi, seperti cashless paymentartificial intelligence, 5G, big data, internet of things, cloud computing, termasuk blockchain, mulai banyak diterapkan oleh Negeri Tembok Raksasa. 
 
"Indonesia perlu mengejar ketertinggalan di bidang teknologi dengan memanfaatkan keunggulan demografi yang sedang dialami oleh Indonesia," ujarnya dalam seminar bertajuk Let’s Talk Blockchain seperti dikutip siaran pers KBRI Beijing, Jumat (13/12/2019).
 
Djauhari menjelaskan ide untuk menyelenggarakan seminar itu lahir dari upayanya untuk membawa teknologi masa depan ke Indonesia, berkaca dari perkembangan teknologi di China. 
 
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam kesempatan yang sama mengatakan teknologi blockchain memiliki peluang yang sangat besar untuk dimanfaatkan Indonesia di berbagai bidang. 
 
Karakteristik blockchain yang penting adalah bagaimana teknologi tersebut memiliki kemampuan penelusuran (traceability) untuk informasi dan data dari berbagai sektor di Indonesia, termasuk pertanian, perikanan, manufakturing, dan keuangan. 
 
Menurut dia, inklusivitas menjadi kunci bagi penerapan teknologi yang mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. 
 
"Indonesia dengan demokrasi yang dinamis dan populasi yang muda membentuk lingkungan pendukung bagi ekosistem teknologi digital untuk mencapai potensi maksimal implementasi teknologi," kata Mahendra.
 
Founder dan CEO Blockchain Center Sam Lee menyampaikan pentingnya dukungan kebijakan dari pemerintah untuk membangun teknologi blockchain yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing negara.
 
Lee memiliki pengalaman membangun ekosistem blockchain di berbagai negara, seperti Australia, Uni Emirat Arab, dan Thailand. Sebanyak 14 blockchain center telah berdiri di seluruh penjuru dunia. 
 
Seminar tersebut berhasil menarik minat lebih dari 300 peserta dari kalangan wirausaha, asosiasi bisnis, akademisi, pegiat teknologi, dan sejumlah pejabat pemerintah.
 
KBRI Beijing berencana untuk mengembangkan kerja sama awal yang menjadi hasil seminar tersebut. Diharapkan dalam waktu dekat, Indonesia akan memiliki blockchain center, seperti negara-negara lainnya bahkan menyelenggarakan konferensi berskala internasional untuk penerapan teknologi blockchain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper