Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyelenggara Jaringan Selektif Soal Harga Kabel

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) menilai bahwa banyaknya produsen kabel saat ini, membuat persaingan harga di industri kabel makin kompetitif. Penyelenggara jaringan cenderung mencari kabel dengan harga termurah dengan kualitas terbaik.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  12:40 WIB
Sejumlah pekerja memasang kabel optik saluran listrik di jalan Gajah Mada, Jakarta - Antara
Sejumlah pekerja memasang kabel optik saluran listrik di jalan Gajah Mada, Jakarta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) menilai bahwa banyaknya produsen kabel saat ini, membuat persaingan harga di industri kabel makin kompetitif. Penyelenggara jaringan cenderung mencari kabel dengan harga termurah dengan kualitas terbaik.

Ketua Umum Apjatel Arif Angga mengatakan bahwa murahnya harga kabel disebabkan banyak vendor yang menjual kabel, terlebih maraknya ekpansi perusahaan kabel asal China dan Korea Selatan yang masuk ke Indonesia.

Beberapa vendor asing kerap memberikan harga kabel murah dengan skema pembayaran yang lebih fleksibel sehingga beberapa perusahaan penyelenggara jaringan tertarik untuk membeli.

Dia menuturkan bahwa faktor harga menjadi salah satu pertimbangan perusahaan penyelenggara jaringan dalam membeli kabel. Di tengah persaingan harga layanan internet yang makin lama makin murah harganya. Operator berusaha mencari untung dengan menekan biaya gelar jaringan termasuk dalam memilh kabel.    

“Kalau dari luar banyak dan murah. Mereka juga menawarkan skema pembayaran yang panjang. Bisa beberapa kali, 1 bulan, 3 bulan dan seterusnya,” kata Angga kepada Bisnis.com, baru-baru ini. 

Angga tidak dapat menyebutkan harga kabel dari negara asing yang ditawarkan sebab masing-masing perusahaan memiliki jenis kabel yang berbeda-beda. Harga mengikuti spesifik kabel yang diberikan.

Dia menuturkan selain harga faktor lain yang menjadi pertimbangan penyelenggara jaringan dalam membeli kabel adalah kualitas. Dia berpendapat sejauh ini kualitas kabel lokal dan asing seimbang, atau tidak jauh berbeda.

“Kualitas zaman sekarang sepertinya sama tidak jauh berbeda,” kata Angga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabel optik
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top