Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar Demi Poin di Khan Academy

Bila profesi Anda menuntut topik yang belum pernah dipelajari mendalam di bangku sekolah, Anda bisa memanfaatkan Khan Academy buat belajar mandiri memperkuat konsep dasar tersebut.
Gombang Nan Cengka
Gombang Nan Cengka - Bisnis.com 08 Desember 2019  |  11:47 WIB
Khan Academy - repro
Khan Academy - repro

Bisnis.com, JAKARTA - Khan Academy merupakan salah satu penyedia konten pendidikan terlengkap di internet. Tersedia pelajaran untuk berbagai tingkat pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Topik yang dicakup juga beragam: matematika, fisika, biologi, kimia, sejarah, ekonomi, dan keuangan.

Pada awalnya Khan Academy hanya menyediakan pelajaran dalam bahasa Inggris. Namun saat ini tersedia juga materi dalam bahasa lain. Sayangnya bahan pelajaran dalam bahasa lain ini (misalnya bahasa Indonesia) belum tentu selengkap Bahasa Inggris. Sebagai contoh, konten matematika tingkat universitas tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.

Tidak hanya para pelajar dan mahasiswa yang bisa mendapat manfaat dari Khan Academy. Terdapat topik pelajaran seperti keuangan pribadi (personal finance) yang mungkin bahkan tidak pernah diajarkan di sekolah.

Berbeda dengan beberapa situs web pendidikan lain, Khan Academy tidak menawarkan sertifikasi.

Namun tidak berarti Khan Academy tidak bermanfaat bila Anda sudah bekerja. Bila profesi Anda menuntut topik yang belum pernah dipelajari mendalam di bangku sekolah, Anda bisa memanfaatkan Khan Academy buat belajar mandiri memperkuat konsep dasar tersebut.

Gamifikasi

Pengguna yang ingin belajar secara daring pada saat di Khan Academy ini tidak hanya bisa menambah ilmu di depan layar komputer, tetapi juga ketika sedang bepergian. Situs web ini sudah merilis versi aplikasi ponselnya.

Sebagian besar fungsi situs web Khan Academy bisa ditemukan di versi ponselnya. Ini termasuk video pelajaran, bacaan, dan latihan soal. Karena keterbatasan, pelajaran seperti pemrograman komputer belum tersedia untuk aplikasi ponsel.

Bila Anda belum pernah menggunakan Khan Academy sebelumnya, Anda bisa mencari pelajaran yang diinginkan langsung dari aplikasi. Pelajaran digolongkan berdasarkan topik (matematika, sains, ekonomi, dan seterusnya), serta tingkat pendidikan. Mata pelajaran tersebut bisa ditambahkan pada menu My Courses.

Selain dapat diakses dari menu My Courses, bagian-bagian dari suatu mata pelajaran juga dapat diakses di menu Bookmark (markah buku).

Salah satu fungsi penting buat aplikasi ponsel Khan Academy adalah kemampuan untuk mengunduh pelajaran agar dapat diakses luring. Agar dapat diunduh, Anda harus terlebih dahulu mem-bookmark pelajaran yang ingin diakses secara luring tersebut.

Untuk menarik perhatian pelajar, Khan Academy menggunakan pendekatan gamifikasi. Ini berarti Anda akan mendapatkan poin bila Anda menyelesaikan soal dan menonton video. Setelah meraih pencapaian tertentu (misalnya setelah memecahkan soal latihan), Anda bisa mendapat badge yang bisa dipamerkan.

Buat saya sendiri gamifikasi tidak terlalu berpengaruh buat meningkatkan motivasi.

Namun bila Anda belajar dengan teman atau rekan kerja misalnya, poin dan badge ini mungkin bisa memicu Anda buat lebih semangat belajar. Profil bisa dilihat di https://www.khanacademy.org/profile/.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi Kursus Online
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top