Korespondesi Empat Mata ala Criptext, Menutup Celah Keamanan Email

Gombang Nan Cengka
Minggu, 8 Desember 2019 | 11:14 WIB
Email/repro
Email/repro
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa korespondensi melalui surat elektronik penuh dengan titik lemah. Satu hal yang paling utama adalah, surat yang Anda terima dan kirim, tersimpan di berbagai tempat.

Kebanyakan penyedia jasa surat elektronik pada saat ini menyimpan surat yang Anda terima dan kirim di peladen (server). Di satu sisi ini memudahkan, karena Anda bisa mengakses peladen ini dari aplikasi dan peranti mana saja, tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Tapi di sisi lain, peladen surel dari penyedia layanan juga punya kelemahan sendiri.

Pertama, kebanyakan layanan surel membatasi kuota surel yang dapat tersimpan di peladennya. Kuota yang diberikan biasanya memang cukup besar (di atas 5 GB), bahkan untuk layanan surel gratisan. Namun sangat mungkin ini masih lebih kecil daripada kapasitas storage peranti Anda.

Kedua, selalu ada kemungkinan ada penjahat atau pihak lain yang mencoba mengakses data surel Anda. Meskipun penyedia layanan surel sudah banyak yang melakukan tindakan untuk mengamankan data Anda, risiko ini selalu ada. Bagaimana bila penyedia surel sama sekali tidak menyimpan data Anda, atau menyimpannya hanya sementara waktu?

Inilah langkah yang dilakukan oleh layanan surel Criptext. Pada layanan surel ini, semua pesan disimpan secara lokal. Peladen Criptext hanya berfungsi untuk mengantarkan pesan ke peranti Anda, dan tidak menyimpan surel setelah dikirimkan.

Korespondesi Empat Mata ala Criptext, Menutup Celah Keamanan Email

PC dan Mobile

Karena Criptext tidak mendukung protokol surel tradisional, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi seperti Outlook atau Thunderbird. Aplikasi Criptext dapat diunduh baik untuk ponsel (Android, iOS) serta komputer pribadi (Windows, macOS, dan Linux).

Pada saat menggunakan Criptext pertama kali Anda harus membuat akunnya terlebih dahulu. Pilih nama pengguna dan kata sandi, serta alamat surel lain untuk pemulihan kata sandi. Setelah itu Anda akan dapat langsung menggunakan Criptext.

Setelah memasang Criptext di satu peranti (misalnya di ponsel), Anda mungkin juga ingin memasang aplikasinya di peranti lain (misalnya komputer). Bila sudah membuat akun sebelumnya, Anda tidak perlu lagi masuk log ke akun menggunakan kata sandi. Anda cukup mengonfirmasi notifikasi yang muncul di peranti lain. Bila ada data yang sudah tersimpan di peranti sebelumnya, data tersebut akan disinkronisasi ke peranti baru.

Aplikasi ponsel Criptext bekerja seperti aplikasi surel lainnya. Terdapat fitur seperti label dan antispam, meskipun pada saat ini belum ada fitur filter untuk menyortir surel ke dalam label. Anda harus melakukan pemilahan surel sendiri. Fitur aplikasi versi PC pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan versi ponselnya.

Beberapa fitur khas Criptext hanya bisa didapatkan bila Anda mengirim surel ke sesama penggunanya, misalnya enkripsi menyeluruh (end to end) dan menarik kembali surat yang dikirimkan. Pengecualiannya adalah fitur read receipt, yang masih bisa digunakan meskipun penerima surel tidak menggunakan alamat @criptext.com.

Meskipun kuota data yang disimpan di layanan Criptext ini tidak terbatas, tidak berarti kita bisa bebas mengirimkan lampiran berukuran besar. Besar lampiran maksimal dipatok pada angka 25 MB. Criptext juga membatasi frekuensi pengiriman surel sampai 250 surat per harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper