6 Temuan Alat Bantu di Jalan Raya Raih Penghargaan Traffic Hero

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 21 November 2019 | 11:45 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Enam orang pembuat alat bantuan di jalan raya memeroleh penghargaan dari PT Jasa Raharja (Persero) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dalam program “Traffic Hero”. 

Sementara empat lainnya penerima penghargaan adalah komunitas yang giat mengampanyekan keamanan di jalan raya.

Keempat penerima penghargaan alat bantuan di jalan raya tersebut yakni pertama seorang siswa bernama Rapi Anwar Basari yang membuat alat disiplin berkendara. Alat ini merupakan sensor yang dapat mendeteksi apakah pengemudi menggunakan helm dan memiliki SIM, jika tidak maka mesin motor tidak akan menyala.

Kedua, Egi Pratama, Rais Naufal dan Ghiffari Ahmad yang membuat Rives, sistem pemantauan kecelakaan. Yang dapat membantu melaporkan kecelakaan secara realtime ke kantor kepolisian dan dinas perhubungan.

Ketiga, Gilang Maulana yang membuat aplikasi Mbot. Aplikasi ini merupakan alat yang berfungsi untuk mendeteksi marka jalan.

Keempat, M. Firman Nuruddin, Riamizar Surya B. dan M. Ronny Ardianto yang menciptakan Avion (Audio To Vibration). Avion adalah alat bantu bagi penyandang tunarungu untuk mengubah bunyi klakson kendaraan menjadi getaran.

Kelima, Manik yang menemukan helm anti kantuk. Keenam, ada siswa SMK Texar Karawang bernama Adhi Prasetyo dan M. Ricky Firdaus yang didampingi oleh Nurhayat Arif membuat alat pengurai kemacetan.

Lalu ada empat komunitas yang mewakili kelompok di Traffic Hero yaitu SUPELTAS (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas) di Surakarta, Komunitas Edan Sepur Indonesia yang sering mengadakan kegiatan #DisiplinPerlintasan di akhir pekan, Komunitas Team Saber (Sapu Bersih) yang merupakan komunitas relawan penyapu ranjau paku di wilayah Jakarta dan yang terakhir ada Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) yang bersama dengan POLRI mengadakan Milenial Road Safety Festival untuk memberikan penyuluhan kepada milenial agar sadar mengenai aturan berkendara.

Traffic Hero adalah cara PT Jasa Raharja (Persero) untuk mengapresiasi masyarakat entah itu kelompok atau perorangan yang memiliki kepedulian terhadap keselamatan dalam berkendara di jalan raya. Dalam hal ini bisa seperti melakukan kegiatan penunjang keselamatan di jalan, menemukan alat atau melakukan kampanye yang dapat meningkatkan kesadaran mengenai keselamatan berkendara di jalan raya.

Selain apresiasi tinggi, PT Jasa Raharja (Persero) juga turut membantu para kandidat untuk mengembangkan dan melanjutkan apa yang telah mereka buat dan lakukan selama ini. Dengan melakukan hal tersebut, PT Jasa Raharja (Persero) berharap para Traffic Hero akan memberikan manfaat dan menginspirasi banyak orang, agar ikut peduli terhadap keselamatan berkendara di jalan raya.

“Kami sangat berterimakasih kepada para Traffic Hero. Hal yang mereka lakukan sangat bermanfaat untuk semua orang. Jasa Raharja sangat mengapresiasi dan akan memberikan bantuan sehingga mereka bisa mengembangkan apa yang mereka buat dan lakukan selama ini. Diharapkan mereka akan menjadi role model yang dapat menginspirasi banyak orang agar turut peduli tentang keselamatan berkendara di jalan raya,” tutur Myland, Direktur Keuangan PT Jasa Raharja (Persero).

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper